D-ONENEWS.COM

Lepas Masa Pandemi, Formasi Paskibraka Surabaya di HUT ke-77 RI Lengkap

Surabaya,(DOC) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengukuhkan 99 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Bendera Merah Putih. Seremoni acara pengukuhan ini di gelar di Lantai 6 Gedung Graha Sawunggaling, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Senin(15/8/2022).

Anggota Paskibraka akan menjalankan mandat sebagai petugas upacara pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (17/8/2022).

Dalam momen pengukuhan itu, Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bahwa menjadi anggota Paskibraka bukanlah hal yang mudah. Karena baginya, Paskibraka Surabaya bukan hanya sekadar baris-berbaris dan mengibarkan bendera merah putih.

“Paskibraka adalah orang-orang pilihan, bukan hanya sekadar baris-berbaris mengibarkan bendera. Tetapi bagaimana bisa mewujudkan nilai-nilai kebangsaan dari arti Sang Merah Putih,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Karena itu, ia berharap kepada seluruh anggota Paskibraka agar dapat meneladani jiwa-jiwa kepahlawanan. Semangat bendera merah putih harus terus berkibar di dada setiap anggota Paskibraka.

“Saya berharap setelah adik-adik ini menjalankan tugasnya sebagai Paskibraka, maka semangat bendera merah putih yang hari ini di cium, terus berkibar di dada dan hati adik-adik Paskibraka,” pesan dia.

Menurutnya, perjuangan saat ini masih terus berlanjut. Jika dahulu para pahlawan berjuang mengalahkan penjajah, maka perjuangan sekarang adalah melawan kapitalis, kesombongan, kemiskinan dan pengangguran.

“Ini yang saya harapkan adik-adik Paskibraka menjadi agen-agen perubahan di Kota Surabaya. Untuk menciptakan Surabaya menjadi kota yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofur,” tuturnya.

Bahkan, ketika anggota Paskibraka kembali ke sekolah atau komunitasnya, Wali Kota Eri Cahyadi juga berpesan kepada mereka agar dapat memberikan contoh dan perubahan terbaik untuk arek-arek Suroboyo.

“Terus kobarkan semangat perjuangan. Terus kobarkan semangat-semangat kita untuk membangun Surabaya dan kebahagiaan warga Kota Surabaya,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Eri Cahyadi juga menjelaskan, bahwa upacara pengibaran bendera merah putih HUT ke-77 RI di Balai Kota Surabaya, bakal menerapkan formasi lengkap, yaitu 8, 17 dan 45. Jika sebelumnya pada perayaan HUT RI tahun 2021, Paskibraka hanya berjumlah 8 orang karena adanya Pandemi Covid-19.

“Kalau tahun kemarin (2021) kan pasukan 8 pada waktu pandemi Covid-19. Bahkan sempat 3 pas awal Covid-19. Kalau sekarang pasukannya lengkap,” jelasnya.

Menariknya, pada upacara HUT ke-77 RI, Pemkot Surabaya juga mengundang masyarakat untuk hadir. Sebelumnya warga yang ingin mengikuti upacara secara langsung, dapat mendaftar melalui online dengan di batasi 100 orang pendaftar.

“Pada 17 Agustus 2022 ini, kita melakukan pengibaran bendera dengan mengundang masyarakat. Karena kita buka untuk masyarakat agar bisa dekat dengan pemkot, maka kita buka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara bendera,” pungkasnya.(hm/r7)

Loading...

baca juga