D-ONENEWS.COM

Mensos Serahkan Bantuan Untuk Tiga Pasien Kronis di Lampung

Lampung,(DOC) – Tiga pasien pengidap penyakit kronis di Provinsi Lampung mendapat bantuan dari para donatur yang dikumpulkan dari relawan Kitabisa.com, dibawah naungan Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Dana bantuan tersebut diserahkan langsung didampingi oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bersama anggota Komisi VIII DPR RI.

“Ada tiga pasien penerima manfaat ini adalah hasil penjangkauan balai-balai milik Kementerian Sosial (Kemensos),” kata Mensos Risma, di Natar, Lampung Selatan, Kamis (3/2/2022).

Ia menyebutkan, ada beberapa titik yang dikunjunginya di Lampung, berdasarkan informasi dari media massa dan masyarakat.

Mensos mengungkapkan rasa terima kasih atas informasi tersebut, sehingga bantuan dapat tersalurkan ke para pasien.

Ia menjadwalkan dua hari 3-4 Februari melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Lampung. Ada tiga titik yang di kunjungi untuk menyalurkan bantuan, yakni pertama kepada Suci Ramadhani di Dusun Rejomulyo, Kecamatan Natar.

Dari hasil asesmen, kata Mensos, Suci menderita tumor otak sejak berusia 6 bulan menginjak 7 bulan. Bayi yang kini berusia sekitar 9 bulan itu diawali dengan mata sering berair dan pembengkakan di bola mata sebelah kanan. “Sekarang pasien dirawat di rumah dan rutin kemoterapi di RS Abdul Moeloek,” jelas Mensos.

Kemudian, pasien bernama Badri yang tinggal di Desa Peraduan Waras, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara.

Berdasarkan hasil asesmen, Badri menderita kanker di rahang bagian atas. Sejak bulan September tahun 2021 dibawa ke Rumah Sakit Abdul Moeloek. Pada tanggal 28 Desember 2021 berdasarkan rujukan dari Puskesmas dan dijadwalkan kembali pada tanggal 7 Januari 2022 untuk dilakukan CT scan dan hasil pemindaian harus dilakukan operasi besar. “Status terakhir sudah menjalani operasi besar pada 19 Januari 2022,” tambahnya.

Pasien yang ketiga, yakni menyalurkan bantuan kepada Riska Aulia (13) warga Kelurahan Karang Maritim, Bandarlampung. Riska didiagnosa memiliki kista di otak kanan dan kistanya sudah hampir menutupi seluruh otak sebelah kanan.

Riska pernah melakukan operasi 1 kali dengan menggunakan BPJS di RS Abdul Moeloek saat usia 3 tahun untuk pemasangan selang dari kepala sampai ke usus untuk pembuangan cairan di kepalanya.

Pihaknya menggandeng relawan Kitabisa.com untuk pendampingan selama pasien dalam perawatan, mengingat saat pasien menjalani perawatan Kemensos mengalami kesulitan, sehingga minta bantuan dari relawan dan Kitabisa.com untuk pendanaan maupun selama pendampingan.(ant/r7)

Loading...

baca juga