D-ONENEWS.COM

NU dan Muhammadiyah Kompak Gowes Bareng, Kampanyekan “Nggawe Masker”

Surabaya,(DOC) – Dua Ormas Islam terbesar yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah menggelar kampanye “ngawe masker” dengan dikemas acara ‘Gowes Bareng’.

Kegiatan dalam rangka ikut memutus rantai penyebaran Covid-19 ini, diadakan oleh PCNU  dan PD Muhammadiyah Kota Surabaya, Minggu(27/9/2020) pagi sekitar pukul 06.00 Wib.

Start gowes bareng sepeda ini dimulai dari Kantor PCNU Jalan Bubutan, lalu melewati rute ke Jalan Tunjungan, Gubernur Suryo(depan Grahadi), Yos Sudarso, dan berhenti sejenak di Kantor Muhammadiyah.

Kemudian berlanjut bergerak ke Taman Surya dan finish di Mapolrestabes Kota Surabaya.

Nampak hadir seluruh peserta dari jajaran Pengurus PCNU dan Pimpinan Muhammadiyah, lengkap dengan badan, majelis, ORTOM dan BANOM, sekaligus para Pengurus Kecamatan se Surabaya.

Disematkan juga prosesi penandatanganan kampanye Protokol Kesehatan dan sosialisasi “Nggawe Masker” oleh kedua pentolan kedua Ormas Islam tersebut.

“Covid 19 belum selesai di Surabaya dan didunia. Kita tidak hanya bergantung kepada pemerintah saja dalam penanganan covid, Ormas Islam NU dan Muhammadiyah harus punya peran yang besar menyadarkan masyarakat khususnya dalam pemakaian masker, cuci tangan dan jaga jarak. Kebersamaan NU dan Muhammadiyah luar biasa dan kedepan perlu ditingkatkan kembali,” ujar Dr. H. Mahsun, M.Ag Ketua PD Muhammadiyah Surabaya yang juga Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Senada dengan Ketua Muhammadiyah, PCNU juga akan terus mendukung gerakan bersama yang sifatnya diselenggarakan secara rutin.

“Kegiatan Gowes ini hendaknya diteruskan dengan kegiatan rutin lainnya misalkan Ngaji bersama. Karena sesungguhnya Ormas Islam NU dan Muhammadiyah ada Tokoh Besar yang keduanya bersaudara yaitu Tokoh NU adalah Sayid Alwi Abdul Aziz al-Zamadghon. Lazim disebut Kiai Mas Alwi. Ia putra kiai besar, Abdul Aziz al-Zamadghon. Bersepupu dengan KH. Mas Mansyur (Ketua PP dan Tokoh Muhammadiyah) yang termasuk keluarga besar Sunan Ampel, yang juga pendiri sekolah Nahdlatul Waton. Makam tokoh NU dan Muhammadiyah tersebut berdampingan. Kegiatan bersama ini terus kita adakan dalam rangka kebersamaan dan penguatan ukhuwah,” jelas Dr. Muhibbin Zuhri, Ketua PCNU Kota Surabaya.

Acara Gowes Bareng yang ditutup oleh sambutan Kasat Binmaspol Polrestabes Surabaya, AKBP Fathoni, juga diikuti oleh Kasat Bimaspol Tanjung Perak, Komisioner KPU dan Bawaslu Kota Surabaya.(r7/robby)

Loading...

baca juga