D-ONENEWS.COM

Pabrik Teh milik PTPN VIII Sukabumi Terbakar

Sukabumi (DOC) – Kebakaran hebat melanda pabrik teh milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII di Goalpara, Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (20/6/2019). Kobaran api diduga bersumber dari korsleting listrik yang menyambar kayu bakar di ruang pengeringan.

Kebakaran pertama kali diketahui oleh Administratur PTPN VIII, Wawan Purnawarman sekira pukul 04.00 WIB. Saat itu Wawan melihat titik api bersumber dari ruang pengeringan teh.

“Saya mau salat subuh kontrol ke pabrik melihat ke ruang pengeringan nah kelihatannya titik api berasal dari situ dari korsleting listrik yang menyambar ke kayu bakar. Saat itu saya dengan kepala pabrik, berusaha memadamkan api,” kata Wawan.

Ia beserta pegawai berusaha memadamkan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Namun api sulit dipadamkan.

“Api keburu menyambar ke lantai pabrik yang terbuat dari kayu api makin sulit dipadamkan, akhirnya kami menghubungi pemadam kebakaran. Tidak lama empat unit mobil damkar datang dan api bisa dipadamkan sekitar pukul 05.30 WIB pagi tadi,” tuturnya.

Wawan memperkirakan, kerugian kurang dari Rp 100 juta, sejumlah mesin dan peralatan pengolah teh dalam kondisi aman begitu juga dengan teh produksi yang utuh.

“Hanya lantai kayu saja, kondisi mesin mati. Teh juga aman di ruang penyimpanan tidak sampai terkena sambaran api,” ujar Wawan.

Titik-titik api sempat beberapa kali muncul. Asap mengepul dari atap bangunan berukuran besar tersebut, petugas pemadam masih menunggu di lokasi dan melakukan pemadaman titik api.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga