D-ONENEWS.COM

Panjat Tebing SP5, Jatim Raih Medali Emas PON XX

Mimika, (DOC) – Sempat tertinggal pada babak Semifinal nomor Boulder perorangan, Tim panjat tebing Jatim menambah koleksi satu medali emas. Satu keping medali emas itu dipersembahkan Aan Aviansyah di Arena Panjat Tebing SP5, Mimika, Senin (4/10/2021).

Di babak final, atlet panjat tebing asal Surabaya itu mengalahkan lawan-lawannya dan mengumpulkan poin tertinggi 3T2z. Dia berhasil mencapai puncak tertinggi di tiga boulder, yakni boulder dua, tiga, dan boulder empat.

Meskipun Aan gagal di boulder satu, tapi lawan-lawannya yang berasal dari Jabar, Kaltim, Bali, dan Banten tidak ada yang mampu mengungguli perolehan nilainya.

Medali perak di nomor ini juga direbut atlet Jatim, Khoirul Anam dengan nilai 2T4z. Sedang medali perunggu dibabit atlet panjat tebing asal Jabar, Bim Sigrid, mengantongi nilai 2T3z.

Atas prestasi tersebut, kini Jatim sudah mendulang empat medali emas dan tiga perak dari cabang olahraga (cabor) panjat tebing.

Selain boulder perorangan putra, sebelumnya Jatim juga memperoleh tiga medali emas lainnya diperoleh dari boulder beregu putra (Aan Aviansyah, Khoirul Anam, Fatchur Roji, Moch. Salim), lead beregu putra (Akbar Huda wardhana, Rindi Sufriyanto, Fatchur Roji), dan lead beregu putri (Fitria Hartani, Kharisma Ragil Rakasiwi, Choirul Umi Cahyaning).

Sedang tiga medali perak masing-masing direbut dari nomor boulder beregu putri (Kharisma Ragil Rakasiwi, Fitria Hartani, Choirul Umi Cahyaning) speed mix (Dhorifatus Syafi’iyah, Rahmad Adi), dan boulder perorangan putra (Khoirul Anam).

Menanggapi keberhasilan Aan Aviansyah merebut medali emas dan Khoirul Anam (perak), pelatih boulder tim panjat tebing Jatim, Iswara Yogaprana, mengaku sangat bersyukur.

“Saya bersyukur karena persaingan di final boulder perorangan putra ini sangat ketat sekali, tapi dua atlet kita bisa merebut medali emas atas nama Aan Aviansyah dan medali perak atas nama Khoirul Anam,” kata Iswara Yogaprana, Senin (4/10/2021) malam.

Padahal, lanjut Iswara, sebelumnya ia sempat khawatir lantaran Aan Aviansyah yang merupakan peraih medali emas nomor boulder putra pada PON XIX/2016 Jabar, mengalami cedera di bagian lutut.

“Tapi saya bersyukur ternyata Aan masih bisa mempertahankan gelar juara dan kembali merebut medali emas,” ujar Iswara dengan penuh kebanggaan.(r7)

Loading...

baca juga