D-ONENEWS.COM

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Positif Covid-19

Shin Tae-yong

Jakarta (DOC) – Pelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong, dinyatakan positif Covid-19. Kepastian ini didapat setelah hasil Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) keluar dari rumah sakit pada Jumat (19/3) malam WIB.

Setelahnya, PSSI bergerak cepat melakukan tindakan, walau pelatih asal Korea Selatan itu tidak menunjukkan gejala yang berlebihan. Bahkan, tadi malam, ia masih berkomunikasi virtual dengan Direktur Teknik Indra Sjafri.

“Pada awalnya Shin Tae-yong pada hari Kamis (18/3) mengaku tidak enak badan. Kemudian atas arahan Ketua Umum PSSI, yang bersangkutan di swab PCR. Hasilnya baru keluar pada Jumat malam (19/3),” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi di situs resmi federasi, dikutip Kumparan, Sabtu (20/3).

Setelah selesai pemusatan latihan Senin (8/3) timnas U-23 para pemain, pelatih, dan ofisial diwajibkan tes PCR. Hasilnya semua dinyatakan negatif. Para pemain, pelatih, dan ofisial kembali ke rumah masing-masing termasuk Shin Tae-yong kembali ke apartemen.

“Jadi ketika pemain kita pulangkan ke klub masing-masing pada Senin (8/3), tidak ada satu pun pemain yang positif. Itu karena sebelum pulang mereka sudah di swab antigen,” jelas Yunus.

Namun, pada Kamis (18/3), Shin Tae-yong mengeluh tidak enak badan ke dokter timnas. Dokter kemudian melakukan swab PCR dan hasilnya keluar Jumat malam (19/3) dan hasilnya positif.

Yunus meyakini, dalam dunia olahraga khususnya sepak bola, pemain dan pelatih terkena Covid-19 adalah hal yang biasa. Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo dan striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic juga pernah kena Covid-19.

Namun, tidak berselang lama kembali sembuh. Demikian juga pelatih Arsenal, Mikel Arteta, yang juga pernah kena dan sembuh.

“Jadi jika atlet atau mantan atlet (kini jadi pelatih) saya yakin akan cepat sembuh. Yang paling penting segera mendapatkan perawatan,” imbuh Yunus. (kmp)

Loading...

baca juga