D-ONENEWS.COM

Pemerintah Tetapkan Lebaran 6 Juli 2016

sidang_isbatJakarta,(DOC) – Pemerintah RI melalui Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan Idul Fitri 1437 Hijriah 1 Syawal jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016. “Berdasarkan laporan dari semua pihak yang berwenang belum ada laporan terlihatnya hilal, sehingga Ramadan diijtimal, digenapkan, menjadi 30 hari dan Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah jatuh pada Rabu, 6 Juli 2016,” kata Lukman Hakim Saifuddin, dalam jumpa pers di kantor Kementerian Agama RI, Senin(4/7/2016) malam.
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan sidang isbat diawali dengan paparan Tim Hisab-Rukyat Kementerian Agama. “Paparan tentang posisi hilal saat ijtimak atau konjungsi pada sore tadi. Konjungsi yang terjadi beberapa menit setelah magrib adalah peristiwa saat matahari dan bulan berada segaris di bidang ekliptika yang sama,” kata Lukman.
Dalam paparan tersebut, menurut Lukman, posisi hilal dirukyat. “Apakah terlihat atau tidak,” kata Lukman. Jika hilal terlihat sore nanti, Lukman berujar, malam nanti kalender telah memasuki bulan baru. “Yakni 1 Syawal 1437 Hijriah,” tuturnya.
Namun, menurut Lukman, Ramadan tahun ini akan digenapkan menjadi 30 hari. “Berarti besok Selasa masih harus puasa. Lebarannya jatuh pada Rabu,” kata Lukman menjelaskan.
Lukman berujar, setelah paparan usai, sidang isbat akan dimulai. Adapun sidang isbat tersebut akan diikuti para ulama, pakar astronomi, Majelis Ulama Indonesia, organisasi masyarakat Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Badan Meteorologi dan Geofisika, serta Badan Informasi Geospasial.(tc/r7)

Loading...