D-ONENEWS.COM

Penderita Kusta di Sumenep Terbanyak Pertama se-Jatim, Ditemukan 2610 Kasus Kusta Baru Tahun Lalu

Surabaya,(DOC) – Guna memperingati Hari Kusta Internasional, Minggu(27/1/2019) nanti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jatim menemukan 2610 kasus kusta baru di Jatim sepanjang tahun 2018.

Wilayah yang menduduki peringkat pertama yakni kabupaten Sumenep dengan jumlah 385 kasus. Kemudian disusul Sampang, Bangkalan, Pasuruan, dan Lumajang sebagai peringkat 5 besar.

Kepala Bidang P2P Dinkes Jatim, Setya Budiono mengatakan penyakit kusta di Jatim jumlahnya menurun sejak 2017.

“Kita sudah eliminasi di tingkat propinsi prevalensinya kurang dari 1 per 10 ribu penduduk. kita sudah 0,9” ujarnya.

Sementara itu soal banyaknya temuan kasus kusta baru di kawasan Tapal Kuda seperti Tuban, Probolinggo, Situbondo, dan Madura seperti Sumenep, Sampang dan Bangkalan, bukan karena program yang tidak berjalan.

“Itu karena intensifnya kita mencari dan menemukan. Dengan banyaknya temuan itu maka semakin baik. Karena semakin banyak yang diobati sehingga jumlahnya akan berkurang” terang Setya.

Setya menambahkan untuk mengintensifkan temuan kasus kusta baru, Dinkes Jatim meluncurkan program Jelita yaitu Jatim eliminasi kusta. Dan  sosialisasi cari obati rehabilitasi evakuasi atau Score.

“Dari yang sudah dilakukan itu secara operasional disetiap kabupaten yang tinggi kasusnya, dilakukan intensif case fighting dimana kalau ada kusta maka libgkungannya diperiksa minimal 25 orang. Biasanya terjadi penularan melalui kontak” jelasnya.

Untuk menghilangkan stigma buruk terhadap penderita kusta, Setya menjelaskan kalau Dinkes Jatim melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam melakukan sosialisasi.(r7)

Loading...

baca juga