D-ONENEWS.COM

Perbaiki Sistem Data, Kementerian ESDM Luncurkan Aplikasi MOMS dan e-PNBP Minerba

Jakarta (DOC) – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan aplikasi Minerba Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP Minerba di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Jumat (2/11/2018).

MOMS merupakan aplikasi pengelolaan data real time untuk produksi dan penjualan sektor mineral batu bara (minerba). Adanya MOMS akan memudahkan pengendalian dan pengawasan pada produksi dan penjualan sektor minerba. Sementara e-PNBP Minerba merupakan aplikasi online berbasis web untuk penghitungan dan pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNBP) minerba. Layanan ini diharapkan mempermudah pemantauan jumlah PNBP yang disetor agar lebih akurat. Layanan ini terintegrasi layanan Simponi pada Kementerian Keuangan, di mana pembayaran PNBP dapat dibayarkan melalui aplikasi ini.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, sistem ini diharapkan memudahkan dalam urusan bisnis sektor minerba.

“Ini ultimate goal kita, wish kita, semoga bisa mencapai target, komunikasi cukup lewat data, nggak perlu sering-sering silaturahmi,” katanya.

Arcandra mengatakan, dalam kegiatan usaha lebih baik tatap muka dikurangi. Sebab, tatap muka banyak menggunakan waktu dan tidak efisien.

“Kenapa, untuk silaturahmi waktu berapa, kadang-kadang pesan kopi berapa, gorengan dan lain-lain, kalau dikumpulkan besar juga. Suatu saat nanti, ultimate goal nggak perlu sering-sering silaturahmi untuk urus, cukup diurus lewat aplikasi,” terangnya.

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono mengatakan, MOMS dan e-PNBP merupakan bagian upaya pemerintah untuk memperbaiki pelayanan.

“Dapat kami sampaikan ini komitmen ESDM dalam reformasi birokrasi dan meningkat pelayanan di sub sektor minerba. Memang tuntutan kondisi di mana memberikan pengawasan tepat cepat dan akurat real time,” ujarnya.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga