Peringati Hari Pahlawan, Prabowo Akan Berziarah ke Makam Bung Tomo

foto : Prabowo ziarah dimakam sunan Ampel (dok)

Surabaya,(DOC) – Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Sepuluh November, Sabtu(10/11/2018) besok, Lima partai koalisi pendikung Prabowo akan mengadakan ziarah ke Makam Bung Tomo jalan raya Ngagel Surabaya.

Kegiatan yang di selenggarakan oleh tim pemenangan Capres-Cawapres Prabowo – Sandi di tingkat kota Surabaya ini, murni kegiatan doa untuk.pahlawan yg telah berkorban untuk bangsa dan negara.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Surabaya, AH Thony, menjelaskan, apabila dikait-kaitkan, maka bisa saja kegiatan ini merupakan rangkaian dari  peringatan napak tilas Resolusi Jihad yang baru diselenggarakan Badan Pemenangan Provinsi Jatim  beberapa waktu yg lalu.

“Acara ini Insyaallah akan diikuti oleh 2000 kader Parpol pendukung dan relawan pemenangan pasangan Capres – Cawapres nomer urut 2, Prabowo Subianto dan  Sandiaga Uno, sekota Surabaya,” kata AH Thony , Jumat(9/11/2018) malam.

Menurut AH Thony, Ketua Umum Partai Gerindra yang juga sebagai Capres tersebut diharapkan bisa hadir dan mengikuti tahlil dan tabur bunga yang digelar disekitar makam bung Tomo.

“Kita berharap,  beliau bisa hadir,  kalau tidak bisa juga tidak apa-apa.  Karena acara menghadirkan beliau sesungguhnya tidak direncanakan sebelumnya. Andai kata beliau bisa hadirpun,  acaranya tetap kita bikin sederhana saja, dimana saat Pak Prabowo datang langsung memimpin penghormatan arwah, lalu dilanjutkan tahlil untuk mengirimkan doa,” paparnya.

“Tidak ada acara orasi politik, karena kita tidak mau mencampur adukkan acara ziarah ini dengan kegiatan politik,” imbuh AH Thony.

Dalam kegiatan ini, lanjut AH Tony, juga tidak ada aksi teatrikal perjuangan dan upacara-upacara,  apalagi lomba-lomba.

Ia menambahkan, ziarah ke makam salah satu tokoh pahlawan di kota Surabaya ini, akan dilakukan Prabowo dengan cara sewajarnya dan sepatutnya saja.

Mantan anggota DPRD Surabaya periode 2004 lalu menjelaskan, bahwa ada yang bertanya, kenapa acara-acara ziarah ini, hanya dilakukan di makam Bung Tomo?.. Ia menjawab, bahwa awalnya kegiatan ini akan dilakukan di TMP Mayjend Sungkono dan Makam Bung Tomo. Perizinan acara dikedua tempat tersebut sudah diurus semua dan beres.

Tapi tiba tiba di TMP Mayjen Sungkono, mendadak tempatnya dipakai oleh Provinsi Jatim.

“Ya, akhirnya acaranya ya tinggal di sini(makam Bung Tomo,red) saja. Tidak ada masalah,  belum bisa kita gunakannya TMP Mayjend sungkono, Insyaallah tidak  mengurangi makna ziarah kita, yaitu ziarah untuk menghormati Pahlawan  Bung Tomo yang kita kenal sebagai salah satu tokoh penting disaat perang 10 Nopember 1945. Beliau sebagai penggerak arek-arek Suroboyo melawan penjajah,” tandas Ketua Tim Pemenangan Prabowo = Sandi wilayah kota Surabaya ini.

Pada kunjungannya ke  Jawa Timur ini, Prabowo Subianto kabarnya tak hanya berziarah ke makam Bung Tomo saja, tapi juga menghadiri acara di Trowulan Mojokerto Jawa Timur.

“Setelah acara ini, kabarnya pak Prabowo akan mengikuti  acara diTrowulan Mojokerto, cuma kita tidak taunkebenarannya, karena pada saat yg sama kabarnya beliau juga ada tamu dubes di Jakarta,” pungkasnya.(robby/r7)