Berhasil Arungi Samudra, KRI Bima Suci Pulang Bawa Segudang Penghargaan

Surabaya,(DOC) – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dien Mintoro Yulianto, menyambut kedatangan KRI Bima Suci setelah selesai melakukan pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Tahun 2018, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II,Ujung, Surabaya, Jumat(9/11/2018).

Hadir dalam acara tersebut, Kaskoarmada II, Wagub AAL dan Danguskamla Koarmada II, Pater Sahli Pangkoarmada II, Para Asisten Pangkoarmada II, Para Kasatker Koarmada II, Para Pejabat Teras AAL dan Para Komandan KRI yang berada di Pangkalan, serta Ibu-ibu Jalasenastri dari Koarmada II.

Mintoro mengatakan kapal layar latih KRI Bima Sakti yang membawa 100 Taruna Akademi Angkatan Laut  (AAL) Tingkat III Angkatan 65, berhasil melaksanakan pelayaran astronomi dengan melintasi Zhanjiang dan Qingdao di Republik Rakyat Cina (RRC), Yesou dan Jeju di Korea Selatan, Vladivostok di Rusia, Sasebo di Jepang, serta Manila di Filipina.

“Disamping Operasi Muhibah dan Pelayaran Kartika Jala Krida terhitung selama 100 hari, para Taruna juga belajar secara visual peralatan yang ada di kapal dan profesional dibidangnya dengan mampu mengerti kehidupan di kapal, mampu mempratekkan teori yang selama ini didapat di akademi, serta mampu bernavigasi dan menumbuhkan rasa cinta bahari yang luar biasa, karena Taruna perlu  memiliki fisik maupun mental yang kuat saat ombak besar mereka harus bisa memainkan layar-layar ini sehingga KRI Bima Suci berlayar di tempat yang aman”, tegasnya.

Mintoro mengungkapkan rasa bangganya kepada para Taruna AAL ini. Mereka adalah calon-calon pemimpin TNI AL yang akan menjaga lautan Indonesia. selain berhasil mengarungi lautan, para taruna-taruni ini banyak meraih prestasi saat menjalankan tugas sebagai Duta Budaya dan Misi Diplomasi KRI Bima Suci.  Yaitu menjadi Juara I Friendship Trophy SCF Far East Tall Ships Regatta 2018, Juara II Kelas A Lomba Layar SCF Far East Tall Ships Regatta 2018 dari Yeosu, Korea Selatan ke Vladivostok, Russia, Penghargaan Khusus dari Walikota Vladivostok atas penampilan yang luar biasa oleh prajurit dan taruna KRI Bima Suci dalam event SCF Far East Tall Ships Regatta 2018 dan Juara Umum III di berbagai pertandingan olah raga.

Kapal buatan Vigo Spanyol tersebut yang ambil bagian event internasional seperti, SCF Tall Ship Regatta di Yeosu, Korea Selatan dan Vladivostok, Russia, yaitu festival dan lomba kapal layar internasional yang diselenggarakan oleh Sail Training International bekerjasama dengan pemerintah setempat. Yang bertujuan untuk melatih jiwa bahari para generasi muda dan membina hubungan persahabatan antar generasi muda dari berbagai macam negara. Ditambah lagi ajang International Fleet Review (IFR) 2018 di Jeju, Korea Selatan yang diikuti oleh delegasi setingkat Kepala Staff Angkatan Laut dari 46 negara dan 45 kapal perang berbagai jenis dari 15 negara.

KRI Bimasuci yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Widiyatmoko Baruno Aji membawa 210 personel yang terdiri dari 100 Taruna AAL Tingkat III, 18 instruktur, 4 wartawan dan 88 ABK kapal tercatat berhasil mengarungi samudera sejak 2 Agustus s.d. 9 November 2018 dengan menempuh jarak total 9.787 Nm.

Setelah melaksanakan Operasi Muhibah dan Pelayaran Kartika Jala Krida 2018, KRI Bima Suci akan mempersiapkan diri untuk melaksanakan pelayaran tahun 2019, yang direncanakan mengikuti event Armada Rou’en di Perancis, serta Tall Ship Race 2019 di beberapa negara Benua Eropa.(hadi/lm/r7)