D-ONENEWS.COM

Pertama dalam Sejarah, Timnas Indonesia Lolos Babak 16 Besar Piala Asia

Jakarta (DOC) – Tim nasional (Timnas) Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar. Ini adalah kali pertama Skuad Garuda menembus 16 besar Piala Asia.

Dengan koleksi tiga poin selama mengarungi Grup D, Indonesia mengunci satu tempat di babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik. Skuad Garuda lolos bersama Jordania, Palestina, dan Suriah.

Tiket babak 16 besar Piala Asia 2023 berhasil digenggam setelah Oman bermain imbang 1-1 melawan Kirgizstan pada Kamis (25/1) tengah malam.

Sebenarnya, setelah dikalahkan Jepang dengan skor 1-3, Timnas Indonesia hanya memiliki dua skenario untuk melaju ke babak 16 besar. Masalahnya, keduanya bergantung pada hasil pertandingan tim lain.

Skenario pertama, Timnas Indonesia mengharapkan Bahrain kalah dari Jordania dengan selisih minimal tiga gol. Hanya saja skenario ini pupus. Pasalnya, Bahrain yang bertemu Jordania pada Kamis malam, secara mengejutkan berhasil menang tipis 1-0.

Hasil tersebut membuat Bahrain melesat ke puncak klasemen Grup E. Mereka melaju ke 16 besar bersama Korea Selatan (runner-up) dan Jordania (peringkat tiga terbaik).

Skenario kedua adalah Timnas Indonesia berharap Oman gagal meraih kemenangan saat berjumpa Kirgizstan. Seperti yang telah ditulis di awal, pertandingan yang dimulai pada Kamis pukul 22.00 WIB itu, berkesudahan dengan skor 1-1.

Baik Oman yang mengoleksi dua poin, maupun Kirgizstan yang mendapat satu poin dari tiga laga di Grup F, sama-sama gagal ke babak 16 besar.

Kini Timnas Indonesia berhasil mencatat sejarah baru dengan lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Pencapaian tersebut sekaligus memutus rekor buruk Timnas Indonesia yang selalu gagal lolos dari fase grup dalam empat edisi yang telah diikuti, yaitu 1996, 2000, 2004, dan 2007. (zis)

Loading...