Peserta BPJS Ketenagakerjaan Meningkat

Tidak ada komentar 164 views

Surabaya (DOC) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timurberhasil mendorong para pekerja perusahaan untuk mendaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Hal tersebut dapat diketahui dari peningkatan jumlah pekerja yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan setiap tahunnya.

“Pada 2016 perusahaan yang mendaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 35.000 perusahaan dengan total peserta tenaga kerja sebanyak 1,4 juta jiwa. Tahun 2017 meningkat drastis menjadi 57.902 perusahaan dengan 1.843.000 pekerja,” kata Kepala Disnakertrans Provinsi Jatim, Setiajit.

Setiajit menuturkan pada Bulan Mei 2018 sudah ada 66.000 perusahaan dengan 2.801.000 pekerja yang ikut menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. “Artinya mulai tahun 2016 sampai 2018 ada kenaikan sebesar 51 persen,” terangnya.

Ia menjelaskan pihaknya melakukan beberapa cara untuk mendorong perusahaan mendaftarkan pekerjaanya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Salah satunya yaitu menggerakkan pengawas ketenagakerjaan dan pegawai mediator.

“Apabila perusahaan-perusahaan tidak melaksanakan peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan baik upah dibawah UMK maupun BPJS maka kita berikan peringatan sampai BAP, tindak pidana atau sanksi administratif tergantung pelanggarannya,” tandasnya.(kj/gus)