D-ONENEWS.COM

Piutang Rumah Sakit di Jawa Timur Capai Rp 50 Miliar Lebih

Surabaya (DOC) – Program Jamkesda beberapa tahun lalu ternyata masih menyisihkan masalah, sejumlah Rumah Sakit Provinsi yang berada di Kabupaten/Kota Jatim memiliki piutang Jamkesda mencapai Rp 50 miliar lebih.
Untuk itu Komisi E DPRD Jatim meminta Pemkab/Pemkot segera menyelesaikan tunggakan utang tersebut. Ketua Komisi E DPRD Jatim dr Agung Mulyono menuturkan, program Jamkesda merupakan Jaminan Kesehatan Daerah yang diperuntukkan untuk masyarakat miskin dan Program tersebut sudah berakhir sejak 2016 lalu.
Tenyata sampai saat ini masih terdapat permasalahan yang belum tuntas yakni utang sejumlah Pemkab/Pemkot di Rumah Sakit milik Provinsi yang berada di beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Timur.
Piutang Jamkesda sejumlah Rumah Sakit yakni RS Karsa Husada di Batu Rp 8,1 miliar, RS Paru Dungus di Madiun Rp 445 juta, RS Kusta di Kediri Rp 165 juta, RSK Sumber Glagah di Mojokerto Rp 4,3 miliar, RS Paru di Surabaya Rp 17 juta, RS M. Noer di Pamekasan Rp 425 ribu, RS Paru Manguharjo di Madiun Rp 6 juta, RS Mata Masyarakat di Surabaya Rp 2,9 miliar. “Total piutang Mencapai Rp 50,9 miliar,” papar Politisi dari Fraksi Demokrat ini.
Ditambahkannya, Komisi E akan terus menindaklanjuti, bahkan meminta Dinkes Provinsi menyurati Pemkab/Pemkot yang memiliki hutang, agar segera dilunasi. (DOC02)

Loading...

baca juga