D-ONENEWS.COM

PJ Bupati Tetapkan Lima Sasaran Visi Ambisius Musrenbang RKPD dan RPJPD

Lumajang, (DOC) – Pemkab Lumajang menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah(RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 di Gedung Soedjono, Kamis(21/3/2024).

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni menyampaikan, mewujudkan visi Lumajang Berdaya Saing, Sejahtera dan Berkelanjutan, telah di tetapkan lima sasaran yang ambisius agar tercapai di tahun 2045.

“Visi mencerminkan tekad untuk menjadikan Lumajang sebagai daerah unggul dalam kualitas SDM. Memelihara nilai budaya, memajukan perekonomian merata dan menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik,” Jelas Yuyun.

Ia menjelaskan, bertujuan menciptakan masyarakat yang sejahtera, terpenuhi kebutuhan dasar dan sosialnya dengan layak, serta terjamin keamanannya.

“Sasaran-sasaran ini mencakup berbagai aspek penting dalam pembangunan daerah untuk dicapai pada tahun 2045 nanti, dengan fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan,” ujar

Adapun lima sasaran visi, pertama peningkatan pendapatan penduduk per-kapita. Hal ini untuk memastikan, setiap individu memiliki akses yang lebih baik terhadap sumber daya dan kesempatan ekonomi, serta meningkatkan taraf hidup secara keseluruhan.

Pemda menetapkan target ambisius untuk mengurangi kemiskinan 0 persen dan menekan ketimpangan ekonomi. Agar tercipta kesetaraan dan keadilan sosial sampai setiap warga menikmati kehidupan layak dan bermartabat.

Komitmen lainya dengan meningkatkan status Lumajang sebagai lumbung pangan di Jatim. Langkah ini merespon pentingnya ketahanan pangan menghadapi tantangan global. Sekaligus memastikan ketersediaan pangan yang cukup bagi seluruh masyarakat.

Peningkatan produktivitas dan daya saing SDM menjadi prioritas utama pada sasaran visi. Melalui pendidikan, pelatihan dan pengembangan keterampilan, pemerintah berupaya meningkatkan potensi dan kontribusi masyarakat dalam pembangunan.

Terakhir, menurunkan emisi gas rumah kaca menuju net zero emission yang sejalan dengan komitmen global mengurangi dampak negatif perubahan iklim, serta menjaga keberlanjutan lingkungan bagi generasi mendatang.

Dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2025, tema “Pemantapan Ekonomi yang Inklusif dan Pembangunan Wilayah Yang Berkelanjutan” di usung berdasarkan tujuan pembangunan Nasional dan Provinsi. Hal tersebut mencerminkan kesinambungan dan sinergi antara berbagai tingkat pemerintahan dalam mencapai tujuan bersama.

“Dengan sinergitas antar komponen, kita dapat mewujudkan mimpi melihat Kabupaten Lumajang yang Berdaya Saing, Sejahtera, dan Berkelanjutan di masa depan,” pungkasnya.(mam)

Loading...

baca juga