D-ONENEWS.COM

Polrestabes Surabaya Operasi Jam Malam Gelar Test Urine

Surabaya,(DOC) – Satresnarkoba Polrestabes Surabaya mengelar razia tes urine di sejumlah tempat di Surabaya. Mereka membantu pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam penegakan kedisplinan masyarakat terkait jam malam.

Tim Satresnarkoba Polrestabes Surabaya menggelar razia pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari. Personel Satresnarkoba yang mengunakan pakai Hamzat dan APD lengkap dengan menggunakan mobil urine narkotic test menyisir di sejumlah jalan. Sasaran awal mereka ialah mencari kerumunan masyarakat yang tidak mematuhi jam malam.

Petugas mengimbau warga agar bubar dan kembalo ke rumah masing-masing. Namun jika mereka tidak mengindahkan imbuan petugas, maka akan dilakukan tindak tes urine narkotika ditempat.

Salah satunya di Jalan Semarang, petugas yang saay itu melintas, mendapati sejumlah pemuda yang melajuk kencang dengan menggunakan motor. Melihat mobil petugas saat melakukan imbaun, mereka berputar balik mendadak. Melihat gerak-gerik yang mencurigakan, akhirnya mereka diamankan. Tidak lama, setelah mereka diamankan, ternyata mereka sempat melempari mobil patroli dengan batu, saat hendak dirazia balap sepeda. Petugas kemudian melakukan tes urine ditempat, kepada lima pemuda tersebut. Setelah dilakukan tes urine salah satunya urine positif narkoba.

Selanjutnya meraka dilimpahkan ke Polsek Bubutan, karena sebelumnya telah melakukan pelemparan batu ke mobil patroli saat akan di razia polisi. Sedangkan satu pemuda yang urinenya positif narkoba, akan dilakukan pengembangan lebih lanjut. Selain itu, petugas juga sempat mendatangi sejumlah warung-warung di kawasan Wonokromo yang pada jam 02.00 WIB, masih ramai nongkrong. Didatangi oleh petugas dan diminta untuk segara bubar. Mereka kemudian lari tunggang langgang.

Kasat Resnarkoba AKBP Memo Ardian mengatakan razia tes urine ditempat dilakukan tidak bisa terjadwal dengan pasti. Namun ketika ada informasi dari anggota kepolisian dan masyarakat ada kerumanan pada jam malam. Akan mereka datangi.

“Kalau ada yang masih ngumpul-ngumpul. Mobil urine test, mobil swab narkotika dan alat deteksi zat adiktif sudah kita siapkan,” kata Memo Ardian kepada wartawan di Mapolrestabes Surabaya, Sabtu(25/7/2020).

“Kebetulan tadi (malam), kita anjurkan untuk bubar namun tidak bubar. Ada satu yang kita tes  urine yang positif, namun saat kita akan kembangkan,” ujar Memo.

Memo menambahkan  kebutulan masyarakat tersebut melakukan balapan sepeda. Karena sebelumnya ada beberapa rekan yang melempari mobil patroli petugas. Akhirnya mereka dilimpahkan ke Polsek Bubutan untuk diproses terkait pelemparan mobil patroli.

“Nanti akan kita kembangakan berkaitan dengan hasil tes urine positif tadi,” tandas Memo.(r7/hadi)

Loading...

baca juga