D-ONENEWS.COM

Presiden Jokowi Lantik Andika Perkasa Jadi KSAD

Jakarta (DOC) – Presiden Joko Widodo akan melantik Kepala Staf TNI Angkatan Darat ( KSAD) yang baru pada Kamis (22/11/2018) pagi ini.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Chandra Wijaya mengatakan, pelantikan akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pukul 09.00 WIB.

“Ia benar, pagi ini pelantikan,” kata Chandra.

Namun, Chandra enggan membuka siapa sosok yang dipilih dan akan dilantik Jokowi sebagai KSAD. Ia masih menutup rapat-rapat siapa sosok pengganti Jenderal Mulyono yang akan memasuki masa pensiun pada awal 2019.

“Kalau siapa yang dilantik, kami belum bisa membuka,” kata Chandra.

Sebelumnya beredar beberapa nama pengganti Mulyono. Di antaranya Letjen Andika Perkasa, yang saat ini menjabat Pangkostrad. Andika pernah menjabat Dankodiklatad, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, dan pernah menjadi Komandan Paspampres pada Oktober 2014, sesaat setelah Jokowi dilantik sebagai Presiden RI.

Selain Andika, ada nama Mayjen Muhammad Herindra. Dia merupakan lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1987 yang saat ini menjabat Perwira Staf Ahli (Sahli) Tingkat III Bidang Hubungan Internasional Panglima TNI.

Ada juga Letnan Jenderal Doni Monardo, yang kini menjabat Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional. Selain itu, ada nama Letnan Jenderal Tatang Sulaiman, yang merupakan Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

“Dilihat nanti saja saat pelantikan,” ucap Chandra.

Sementara itu, Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin memastikan jika Letjen Andika Perkasa yang bakal dilantik menjadi KSAD yang baru. Andika menggantikan Jenderal Mulyono, yang masuk masa pensiun pada Januari 2019.

“Andika (KSAD yang baru) insyaallah jam 9 nanti (dilantik Presiden Jokowi), mudah-mudahan tidak ada halangan melintang,” kata Ali Mochtar Ngabalin.(kcm/dtc/ziz)

Loading...

baca juga