D-ONENEWS.COM

Proses Rekapitulasi Suara Pemilu Jawa Timur, 31 Wilayah Sudah Selesai

Surabaya, (DOC) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Aang Kunaifi, mengumumkan bahwa hingga saat ini, 31 wilayah kabupaten/kota telah mengikuti proses pleno rekapitulasi suara pemilu tingkat provinsi. Proses ini telah berlangsung sejak 3 Maret hingga 8 Maret 2024, di Kota Surabaya.

“Alhamdulillah, sebanyak 31 kabupaten/kota telah menyelesaikan rekapitulasi. Namun, masih ada tujuh daerah yang belum, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Jember, dan Lumajang,” ungkap Aang.

Ia menjelaskan, keterlambatan rekapitulasi suara pemilu di tujuh daerah tersebut disebabkan oleh penundaan jadwal pembacaan formulir D hasil. Contohnya, Kabupaten Jember dan Lumajang masih menunggu proses tersebut. Sementara itu, lima daerah lainnya masih menunggu penyelesaian proses rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota.

“Kami menargetkan semua proses selesai pada tanggal 8 besok,” tambahnya.

Aang mengungkapkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 selama rekapitulasi di 31 wilayah kabupaten/kota mencapai 84 persen, melebihi target nasional sebesar 77,5 persen. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi.

Sementara itu, Aang melaporkan bahwa pelaksanaan penghitungan suara di tingkat provinsi berjalan lancar tanpa hambatan berarti. Hal ini berkat dukungan dari berbagai pihak di Jawa Timur, termasuk pemangku kebijakan.

“Kami berkoordinasi dengan pihak forkopimda, dan pagi ini kami juga menerima kunjungan dari Pj Gubernur Jawa Timur, Kapolda, dan pangdam yang turut memantau pelaksanaan rekapitulasi,” jelasnya.

Nur Salam, Komisioner KPU Jawa Timur, menambahkan bahwa setelah masa jeda, KPU Lumajang akan membacakan hasil rekapitulasi.

“Selanjutnya, giliran Lumajang,” ucapnya.

Dia juga mengapresiasi peran serta masyarakat dalam mendukung jalannya proses pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

“Kesadaran masyarakat semakin meningkat, dan animo mereka luar biasa dalam menggunakan hak suara mereka,” tambahnya.

Proses Rekapitulasi Suara Berjalan Kondusif

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono menegaskan, proses perhitungan suara berlangsung kondusif. Beberapa penghitungan suara terus berjalan, dan telah masuk proses penghitungan suara. Termasuk Jember yang sempat ada kendala, hari ini juga sudah dalam perjalanan menuju Shangrilla untuk direkap bersama di tingkat KPU Jatim.

“Allhamdulillah, secara umum proses perhitungan suara berlangsung sangat kondusif. Bahkan, saat ini KPU Jember dalam perjalanan dan kemudian bergabung suaranya di KPU Jatim. Mudah-mudahan hari ini bisa segera tuntas termasuk rekapitulasi dari Kota Surabaya,” ungkap Adhy. (r6)

Loading...

baca juga