PT KAI Antisipasi Pelemparan Batu ke KA Saat Libur Akhir Tahun, Sediakan 6 Gerbong Tambahan

Surabaya,(DOC) – Enam gerbang kereta api (KA) tambahan disiapkan oleh PT KAI menghadapi libur Natal dan Tahun baru.

Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang KA yang diperkirakan juga akan terjadi pada libur akhir tahun 2018 ini. Ke enam gerbong tambahan ini akan dijadwal pada jam keberangkatan KA dari 83 keberangkatan KA reguler.

Kepala PT KAI Daops VIII Surabaya, Suryawan dalam keterangan persnya, menyatakan, dengan 6 gerbong tambahan tersebut, sekarang total jam keberangatan KA menjadi 89 rit. Sedangkan jumlah kursi keseluruhan menjadi 823.392 kursi atau 45.744 kursi per-hari.

“Jumlah kursi ini naik 4 persen dari angkutan Natal dan Tahun Baru sebelumnya. Diperkirakan puncaknya terjadi mulai H-4 sebelum Natal dan biasanya tiket sudah terjual 99 persen. Masyarakat dihimbau untuk segera memesan tiket jauh-jauh hari, bisa lewat online atau datang langsung ke stasiun,” katanya.

Sementara untuk keamanan dan pelayanan, menurut Suryawan, pada angkutan Natal dan Tahun Baru ini, PT KAI mengerahkan 2500 personel yang terdiri petugas keamanan, masinis dan petugas perawatan.

“Khusus untuk keamanan kita mendapatkan bantuan dari TNI/Polri sebanyak 68 personel. Sedangkan dari petugas PAM internal 577 personel,” imbuhnya.

PT KAI juga akan mengantisipasi gangguan keamanan didalam dan diluar kereta, saat perjalanan KA di musim liburan akhir tahun ini.

“Untuk keamanan di luar diantaranya mengantisipasi lemparan dari oknum masyarakat. Biasanya ini terjadi di saat musim liburan sekolah,” tandasnya.

PT KAI juga meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana banjir dan longsor yang dapat mengganggu perjalanan KA.

“Kita sudah mencatat ada 39 titik kawasan rawan banjir, longsor, amblesan disepanjang lintasan Wonokerto sampai Wlingi. Antisipasinya berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi ancaman bencana alam itu,” pungkasnya.(lm/r7)