D-ONENEWS.COM

PTPN XI Siapkan 4,2 Juta Ton Tebu, Proses Giling Dimulai Awal Juni 2020

Foto: Direktur PTPN XI, Dwi Satriyo Annurogo Tinjau kesiapan Giling disejumlah pabrik gula

Situbondo,(DOC) Direktur PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI, Dwi Satriyo Annurogo melakukan kunjungan kerja ke beberapa pabrik gula untuk memastikan kesiapan Giling di tahun 2020. Rencana, pabrik gula (PG) PTPN XI akan me mulai proses giling di awal bulan Juni 2020.

Kunjungan pertama dilakukan ke PG Assembagoes pada Sabtu(30/5/2020) lalu, karena di pabrik ini akan ada program revitalisasi penambahan kapasitas dan modernisasi yang menjadi ujicoba performa pabrik di tahun 2020. Selain memastikan kondisi pabrik siap giling, HGU Asembagus milik PG Assembagoes juga di tinjau kesiapannya.

Menurut Dwi Satriyo, potensi yang dimiliki HGU Asembagus sangat besar yang harus dioptimalkan dan dijaga dengan performa kinerja pabrik. Pembentukan rendemen, lanjut dia, sesungguhnya ada di kebun dan proses di pabrik hanya memunculkan potensi rendemen yang telah terbentuk sebelumnya.

Ia menyiapkan tiga pendekatan penyelesaian masalah di PG Assembagoes, yakni equipment (peralatan), proses dan pengoperasiannya (SDM).

” PTPN XI optimis bisa mengoptimalkan bahan baku yang tersedia untuk giling tahun 2020, terlebih PG Assembagoes sudah siap giling di tahun 2020 ini. Hal ini akan mensuport kembali kabupaten Situbondo sebagai lumbung tebu Jawa Timur,” kata pria yang baru memimpin PTPN XI pada 26 Mei 2020.

Target PG Assembagoes di tahun giling 2020 memproses kisaran 300 ribu ton tebu dengan hasil kurang-lebih 24 ribu ton gula kristal putih. Target tersebut meningkat bila dibanding tahun giling sebelumnya yakni kisaran 200 ribu ton tebu. Hal ini dikarenakan kinerja pabrik belum optimal dan masih dalam tahap revitalisasi.

Ia menambahkan, untuk seluruh area wilayah, PTPN XI pada tahun 2020, ditargetkan mampu memproduksi gula, total 346 ribu ton dengan kebutuhan bahan baku tebu yang didapat sebanyak 4,2 juta ton.

“Kondisi pandemic, PTPN XI sudah menerapkan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19 di seluruh kegiatan. Sehingga keberlangsungan usaha khususnya giling 2020 diharapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar, untuk mendukung ketersediaan gula kristal putih nasional,” jelasnya.(r7/on)

Loading...

baca juga