D-ONENEWS.COM

Rujak Cingur Naga Kreasi Grand Swiss-Belhotel Darmo Juarai Festival Rujak Uleg 2024

Rujak Cingur Naga Kreasi Grand Swiss-Belhotel Darmo Juarai Festival Rujak Uleg 2024Surabaya,(DOC) – Festival Rujak Uleg 2024 yang di selenggarakan setiap tahun oleh Pemerintah Kota(Pemkot) Surabaya untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) menjadi bagian penting dalam upaya melestarikan kuliner khas asal Kota Pahlawan.

Acara yang menjadi daya tarik wisatawan lokal hingga mancanegara ini telah terselenggara pada 19 Mei lalu, di halaman Balai Kota Surabaya.

Festival Rujak Uleg di kemas dengan berbagai rangkaian. Antara lain fashion show akulturasi budaya Surabaya, cobek raksasa, teatrikal, rujak gratis, dan stan kuliner UMKM. Pesertanya pun dari berbagai instansi pemerintahan dan swasta termasuk dunia perhotelan.

Perdana bagi Grand Swiss-Belhotel Darmo mengikuti ajang bergengsi ini dan langsung meraih juara.

Seperti di ketahui Tema Festival Rujak Uleg 2024 di HJKS ke-731 berbeda dengan sebelumnya yakni “The History of Rujak Cingur”.

Penilaian kategori hotel terbagi dalam tiga poin yaitu 40 % rasa, 30 % tatanan dekorasi rujak dan 30 % ide rujak. Elemen rujak harus berisi cingur, lontong, tahu, tempe, mentimun, kangkung, taoge, kedondong/mangga muda, bengkoang, nanas, dan kacang panjang.

Selain itu peserta hotel juga di wajibkan untuk mempersiapkan dekorasi meja, kostum, dan yel yel dengan gerakan.

Konsep Busana dan Rujak Cingur Naga

Diaz Yonadie, General Manager Grand Swiss-Belhotel Darmo menjelaskan. Konsep busana tim Grand Swiss-Belhotel Darmo adalah “Surabaya European Style” di era victoria.

Pengaruh gaya busana Eropa dengan tema akulturasi budaya ini menonjolkan busana rapi, elegan, dan berwibawa yang menjadi cikal bakal warga Surabaya berpenampilan modern masa itu.

Busana pria serta wanitanya di beri sentuhan modis topi lebar. Dengan bulu merak dan gaun lebar menjuntai sehingga tampilan lebih semarak.

Persiapan dilakukan dari pukul 8(delapan) pagi. Dengan menata meja, cobek jumbo, menampilkan rangkaian bahan-bahan segar serta berbagai ukiran ubi ungu, semangka, pepaya, wortel serta kombinasi tanaman hias.

Pengerjaan ukiran buah dan sayur oleh tim ahli telah dilakukan intensif selama tiga hari. Sehingga bisa memberikan tampilan yang detail dengan kombinasi seronok warna cerah.

Ketika penilaian juri di mulai. Tim secara sigap mempersiapkan seporsi rujak cingur kreasi bersama paduan bahan segar beserta saus istimewa yang telah di racik dengan kombinasi sari buah naga merah.

Rasanya tetap otentik khas Surabaya. Namun ada kesegaran rasa manis unik dari buah naga, oleh sebab itu rujak ini di namai dengan rujak cingur naga.

Inovasi cita rasa yang unik serta tampilan tatanan isi piring kreatif ini mengantarkan Grand Swiss-Belhotel Darmo meraih juara dua kategori kreasi rujak uleg. Pada Festival Rujak Uleg 2024 Grand Swiss-Belhotel Darmo bersaing dengan lebih dari 30 hotel bergengsi di Surabaya.

Penyerahan hadiah diberikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. “Kemenangan ini membawa kami untuk lebih di kenal masyarakat luas. Banyak yang menanyakan apakah menu rujak cingur naga bisa di nikmati oleh masykarakat umum. Tentu saja bisa. Dengan datang langsung ke restoran kami Grand Kitchen di Grand Swiss-Belhotel Darmo,” ucap Diaz Yonadie, Minggu(26/5/202).(r7)

Loading...

baca juga