D-ONENEWS.COM

Sejumlah Nama Jalan Akan Diganti Dengan Nama Pahlawan

foto ; Chalid Buchori

Surabaya,(DOC) – Sejumlah nama-nama jalan akan dirubah oleh Pemkot Surabaya agar masyarakat mudah mengingatnya.

Nama-nama jalan yang akan dirubah itu, yakni diantaranya Jalan Singapore atau Jalan Benowo Sawah, Jalan Bung Tomo, Jalan Menganti dan Jalan Sukomanunggal Jaya.

Untuk jalan baru yang kini tengah dalam tahap pengerjaan seperti Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB), Jalan di timur Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), serta jalan di Timur Darmo Park, akan segera ditetapkan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang, Chalid Buhari, menyatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan rencana perubahan dan pemberian nama baru itu.

“Kami berencana memberikan nama jalan di Surabaya dengan menggunakan nama pahlawan karena kota Surabaya identik dengan Kota Pahlawan,” ungkapnya.

Chalid menjelaskan, rencana tersebut sedang dalam tahap sosialisasi. Selain itu pihaknya juga sedang bersurat ke DPRD Kota Surabaya karena nantinya akan membutuhkan persetujuan DPRD.

“Untuk sosialisasi, dilakukan melalui kecamatan dan kelurahan,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikan sejumlah nama jalan baru itu. Nantinya ruas JLLB diberi nama Jalan Dr Muhamad Hatta. Jalan ini “satu paket’ dengan jalan MERR yang sudah diberi nama Jalan Ir Soekarno.

Kemudian jalan baru timur stadion Gelora Bung Tomo akan diberi nama Jalan Bung Tomo. Lalu jalan di timur Darmo Park diberi nama Jalan Dr. KH Idham Chalid.

Sedangkan, untuk jalan yang mengalami perubahan nama yakni, jalan Singapore (Jalan Benowo Sawah) diubah menjadi Jalan Abdul Wahab Hasbullah, Jalan Menganti diubah menjadi Jalan Komjen Pol M. Jasin, dan Jalan Sukomanunggal Jaya diubah menjadi Jalan Pangeran Antasari.

Tak hanya itu, perubahan nama jalan juga akan dilakukan pada Jalan Raya Satelit Selatan yang diubah menjadi Jalan Hassanudin, Jalan Darmo Harapan I, III dan Darmo Baru XII berubah menjadi Jalan Cut Nyak Dien.

Selanjutnya, Jalan Bintang Dipongo diuubah menjadi Jalan Slamet Riyadi, dan Jalan Bung Tomo (di kawasan Ngagel) diubah menjadi Jalan Kencana. Jalan Bung Tomo ini sendiri tetap ada namun posisinya digunakan untuk nama jalan baru di sisi timur stadion Gelora Bung Tomo.(robby/r7)

Loading...

baca juga