D-ONENEWS.COM

Stabilisasi Harga Bahan Pokok, Masyarakat Antusias Kunjungi Pasar Ramadhan di Lumajang

Lumajang, (DOC) – Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) menggelar Bazar Ramadhan di Alun-Alun Lumajang, Senin (25/3/2024).

Warga masyarakat tampak antusias adanya Pasar Ramadhan mengambil tema “Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri”.

Kepala Bidang Perdagangan Pasar pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kabupaten Lumajang, Dadang Arifin Prastiawan mengatakan bahwa acara rutin yang digelar setiap tahunnya dalam menyambut bulan suci Ramadhan tersebut bertujuan untuk Stabilisasi pasokan dan harga pangan.

“Jadi tahun ini kita merangkul, pelaku usaha UMKM, PKL dan pemuda karang taruna untuk menyemarakan Pasar Ramadhan sehingga semua terlibat di acara ini,” ujar Dadang.

Pasar Ramadan juga menjadi sarana stabilisasi harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idulfitri. Saat ini Diskopindag bekerja sama Bulog, PG Djatiroto, dan Perpadi Kabupaten Lumajang untuk menyediakan beras SPHP, minyak, dan gula dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

“Melalui Pasar Ramadan ini, kami berupaya memastikan bahwa kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi dengan harga yang terjangkau,” jelasnya.

Ia mengatakan, pasar ramadhan ini, untuk peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Jadi yang diutamakan adalah produkuk UMKM atau produkk penggunaan komponen dalam negeri.

Dadang menjelaskan, pasar ramadhan dilaksanakan selama 6 hari mulai hari ini 25 sampai 31 Maret 2024.

“Acara Pasar murah Ramadan sampai dibuka mulai pukul 09.00 pagi sampai jam 21.00 malam

. Dan 100 stand turut berpartisipasi dalam acara ini,” jelasnya.

Tak hanya bahan pokok, pasar ramadan juga menawarkan beragam produk lainnya seperti sayur-mayur, kue-kue tradisional, pakaian, dan alas kaki. Hal ini menciptakan suasana yang lebih meriah dan memperkaya pengalaman berbelanja masyarakat jelang Hari Raya Idulfitri. (Imam)

Loading...

baca juga