D-ONENEWS.COM

Surabaya Berpotensi Gempa, Pemkot Gandeng ITS Cari Formula Resiko Gempa

Ilustrasi

Surabaya,(DOC) – Kepala Bakesbang Linmas kota Surabaya, Eddy Christijanto menyatakan, bahwa Wilayah Surabaya berpotensi gempa bumi.

Hal ini disampaikannya saat menggelar hearing di Komisi A DPRD Surabaya, Rabu(30/10/2019).

Menurut Eddy, untuk mendeteksi adanya gempa tersebut, Pemkot kini tengah menggandeng ITS Surabaya guna melakukan riset.

“Kontrak 3 tahun dengan ITS untuk melakukan riset,” ungkap Eddy.

Mengenai antisipasi resiko gempa bumi jika benar terjadi di Surabaya, lanjut Eddy, Pemkot sudah melakukan studi banding ke beberapa tempat diantaranya Kota Palu, Ombok dan Jogja.

“Kita mencari formulanya yang seperti apa untuk menangani resiko gempa,” katanya.

Selain itu, kata dia, simulasi penanganan gempa di pemukiman penduduk juga sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Simulasi itu dilakukan disejumlah RT dan RW, seolah-olah terjadi gempa, lalu bagaimana reaksi warga.

“Dilatih apa yang dilindungi dan titik kumpulnya di mana. Anggaran simulasi bencana fokusnya pada Pelatihan, Pencegahan, dan pengurangan resiko bencana,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Fatkurrohman menyatakan, perlunya penyadaran ke masyarakat terhadap potensi gempa di wilayah kota Surabaya.

Ia menambahkan, berdasarkan riset dari ITS di tahun 2017, Surabaya memang memiliki patahan aktif seperti di sekitaran Waru, Kampus ITS, HR Muhammad dan beberapa titik lagi.

“Dalam rangka Mitigasi Bencana, memang perlu adanya penyadaran masyarakat perihal potensi gempa. Semoga segera ditemukan formula yang terbaik,” tandasnya.(robby)

Loading...

baca juga