D-ONENEWS.COM

Tahun Depan, Pengurusan Akte Kependudukan Mudah dan Biaya Sekolah Gratis Sampai SMA

Lumajang,(DOC) – Pemkab Lumajang akan anggarkan pengadaan alat cetak elektronik Kartu Tanda Penduduk (EKTP) di tiap kantor Kecamatan pada tahun 2019 mendatang.  Alat itu untuk mempermudah layanan dan mempersingkat pengurusan EKTP. Masyarakat nantinya, tidak perlu antri di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) untuk mencetak EKTP.

“Sekarang ngurus EKTP masih di kantor Dispenduk Capil. Betul cepat dan mudah, tapi antriannya masih panjang. Dengan adanya alat cetak EKTP nanti, masyarakat cukup cetak di kecamatan saja. Pelayanannya akan lebih mudah,” kata Bupati H. Thoriqul Haq, saat acara Pembinaan Perangkat Desa dan penyerahan santunan anak yatim di Kecamatan Pasrujambe, Rabu(24/10/2018).

Selain pengadaan alat cetak EKTP, Pemkab Lumajang juga akan meluncurkan Mobil Unit Administrasi Kependudukan, untuk mengurus EKTP, kartu keluarga (KK), Akte Kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya. Mobil tersebut akan berkeliling ke desa-desa agar proses pelayanan masyarakat bisa dipercepat lagi.

“Saya minta kepada para perangkat desa agar senantiasa meningkatkan pelayanan masyarakat,” ungkap Cak Thoriq sapaan akrab Bupati Lumajang.

Ditambahkan oleh Wakil Bupati, Indah Amperawati, bahwa seluruh program – program kampanyenya akan di wujudkan secara bertahap di tahun depan.

Menurut dia, pada program pendidikan, akan dilaksanakan pembagian seragam sekolah gratis dan SPP gratis mulai SD/SMP/SMA/SMK dan Aliyah. Bukan hanya sekolah negeri, tapi juga untuk sekolah-sekolah swasta.

“Mulai tahun depan tidak ada lagi siswa yang membayar SPP. Kalau di luar SPP, apabila komite mewajibkan iuran kepada siswa untuk kegiatan-kegiatan lain, itu masih diperbolehkan. Tapi besarannya akan ditentukan, tidak terlalu memberatkan wali murid,” tandasnya.(imam/r7)

Loading...

baca juga