D-ONENEWS.COM

Tanamkan Nilai Pancasila ke Prilaku Remaja SMP se Surabaya, Target JPM Kota Lima Bulan

Surabaya,(DOC) – Setelah mendapat materi Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila, Pengurus Jejaring Panca Mandala (JPM) Surabaya Hebat, Kota Surabaya akan segera menyelesaikan program utama mereka ke masyarakat.

Pelaksanaan program kegiatan itu di lakukan setelah JPM Kota Surabaya beserta 37 kota/kabupaten se-Jatim hingga JPM Provinsi menerima materi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), selama tiga hari 25-27 Juli 2022 di Surabaya.

Ketua JPM Surabaya Hebat, Harmanto mengatakan, JPM Kota Surabaya akan menitik-beratkan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada para remaja, terutama para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Untuk hal ini, kami mencoba melakukan pembumian nilai Pancasila ke anak, khususnya remaja. Agar pengembangan Pancasila di generasi muda terpenuhi di Surabaya,” ujar Harmanto, Rabu(27/7/2022).

Materi nantinya, akan memberikan pemahaman remaja agar lebih memiliki standar tingkah laku yang berpedoman pada Pancasila.

“Internalisasi Pancasila akan tertanam dengan baik pada remaja. Namun dengan sosialisasi dan pendampingan kepada para remaja SMP,” ucapnya.

JPM Kota Surabaya juga akan menilai, seberapa besar para remaja ini bisa menyerap materi yang di berikan. Kemudian ada evaluasi dengan menindaklanjuti hasil penanaman nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari dan lingkungan mereka.

Pelaksanaannya di jadwalkan selama 5 bulan. Dengan target cukup besar, yakni hampir seluruh SMP Negeri yang tersebar di wilayah kota Surabaya.

“Nanti akan kami coba terlebih dahulu program yang sudah di susun. Tinggal menunggu hasilnya, apakah mereka bisa terarah dengan baik seperti apa yang sudah kami dapat,” tutupnya.

Sementara itu, program Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila yang di berikan oleh Pengurus Jejaring Panca Mandala di Jawa Timur telah berakhir. Kini tinggal bagaimana JPM Kota/Kabupaten merealisasikan program pembumian nilai Pancasila di wilayahnya masing-masing.(ang/r7)

 

Loading...

baca juga