TANDA TANGANI DEKLARASI KAMPANYE DAMAI, PESERTA PEMILU 2019 KOMITMEN ANTI SARA DAN HOAX

Penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai (Minggu, 23/9/2018)

 

Surabaya, kpujatim.go.id– Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 bersepakat dan berkomitmen melaksanakan kampanye damai, Minggu (23/9). Kesepakatan itu dilakukan dengan bersama-sama menanda tangani Deklarasi Kampanye Damai di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), jalan Raya Tenggilis Nomor 1 Surabaya.

Tidak hanya sebatas tanda tangan saja, para peserta Pemilu 2019 yang terdiri dari partai politik (parpol), pendukung calon presiden dan wakil presiden dan DPD. Juga bersepakat bersama, untuk tidak menyebarkan kampanye yang berisikan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA), serta juga kampanye bernuansa Hoax.

Dalam penandatangan komitmen kampanye damai itu, dihadiri oleh jajaran Komisioner KPU Provinsi, Bawaslu Jawa Timur serta beberapa jajaran Forkopimda. Beberapa di antaranya terlihat hadiri Pangdam V Brawijaya Mayjen Arif Rahman, serta Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Lucky Hermawan.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengatakan Deklarasi Kampanye Damai merupakan agenda awal dari tahapan kampanye Pemilu 2019. Baik itu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPRD dan DPD. Tujuannya, bersama-sama bertekad melaksanakan Pemilu dengan kampanye yang baik dan sesuai perundang-undangan.

“Juga menghindari segala bentuk kampanye yang berisi berita hoax dan politisasi SARA, dalam Pemilu 2019 “ ujarnya.

 

Pria yang akrab dipanggil Eko ini mengaky sangat optimis jika Pemilu 2019 nanti akan berjalan aman, damai dan lancar. Itu berkaca pada tolak ukur Pilkada Serentak 2018 lalu, yang berjalan lancar, guyub dan rukun. Apalagi, pada deklarasi juga dihadiri oleh Kapolda dan Pangdam yang berkomitmen untuk menjaga keamanan selama Pemilu berlangsung.

“Pesan kampanye damai ini, setidaknya bisa ditangkap oleh seluruh lapisan masyarakat Jawa Timur. Agar Pemilu mendatang bisa berjalan seperti Pilkada serentak, Guyub dan Rukun,” pungkasnya.

(BIB/BAY)