D-ONENEWS.COM

TPA Tamangapa Makassar Terbakar, 15 Jam Api Berkobar

Makassar (DOC) – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Tamangapa, Makassar, Sulsel terbakar. Setelah berjibaku dengan kobaran api selama 15 jam, petugas Damkar Makassar akhirnya berhasil menjinakkan kebakaran.

Kebakaran terjadi di TPA Tamangapa, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (16/9) sejak pukul 13.30 Wita. Api sudah dipadamkan pagi tadi dengan mengerahkan 15 unit mobil pemadam.

“Tadi subuh, pukul 05.00 Wita itu api sudah padam. Kemudian ada 15 armada yang kami terjunkan ke lokasi,” kata Komandan Regu Damkar Makassar, Muh. Hidayat, Senin (16/9/2019).

Hidayat mengaku mengerahkan 30 petugas Damkar dikerahkan ke lokasi. Petugas secara simultan memadamkan api sejak siang kemarin hingga pukul 05.00 Wita subuh tadi atau sekitar 15 jam lamanya. Sedang sedikitnya 70 tangki air dipasok ke lokasi.

“Memang cukup lama baru padam. Itu karena titik api mudah menyebar. Karena ada gas metan pada sampah, jadi mudah sekali menyebar, belum lagi angin yang sering berubah arah,” jelas Hidayat.

Kendati api telah padam, sejumlah petugas Damkar Makassar terpantau masih siaga di lokasi. Mereka khawatir api muncul kembali.

“Ini banyak asap berarti api sudah padam. Tapi kami tidak bisa tinggalkan. Karena kalau sampah begini, banyak gas, sewaktu-waktu api muncul kembali, bisa langsung kami antisipasi biar tidak meluas,” kata Komandan Regu Damkar lainnya, Sahabuddin yang baru mendapat giliran bertugas pagi ini.

Pantauan di lokasi, sejumlah petugas dari unsur Pemkot Makassar, TNI-Polri, hingga warga setempat ikut berjaga di lokasi.

Terdapat pula posko kesehatan yang disiagakan berjarak 50 meter dari pinggiran TPA sampah Tamangapa. Posko ini diperuntukkan bagi warga sekitar yang mengeluh pada pernapasan, atau petugas yang membutuhkan bantuan medis.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga