D-ONENEWS.COM

Turut Pantau Evakuasi KM Arim Jaya, Khofifah Segera Pulangkan Jazad Korban

Surabaya,(DOC) – Pencarian korban Kapal Motor (KM) Arim Jaya hingga sekarang masih terus dilakukan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, berjanji akan segera memulangkan jenazah korban yang meninggal dan berhasil dievakuasi.

Dalam upaya pencarian korban hilang, banyak pihak dilibatkan, yakni TNI, Polri, Basarnas, Tagana, dan BPBD.

Ia menyatakan akan terus memantau  perkembangan pencarian korban, termasuk penanganan korban selamat.

Menurut Khofifah, berdasarkan informasi dari Dinas Sosial Kabupaten Sumenep, korban meninggal 17 orang, selamat 39 orang, dan hilang atau belum ditemukan 5 orang.

Jumlah total keseluruhan sebanyak 61 orang.

“Seluruh penumpang yang terdata, termasuk laporan dari masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya, sudah dievakuasi. Tinggal lima orang masih dalam pencarian,” katanya, Selasa(18/6/2019).

Khofifah menambahkan, dari pihak Pemprov Jatim telah banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilibatkan dalam penanganan kapal tenggelam akibat diterjang ombak ini.

Di lokasi sudah standby Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan LLAJ, untuk memantau.

“Tim dari OPD Pemprov Jatim terus memonitor perkembangan di lapangan, sambil menunggu hasil pencarian lima orang yang belum ditemukan,” tambahnya.

Sementara itu, ia menyatakan 17 korban yang meninggal segera dikembalikan ke keluarga masing-masing. Jenazah para korban dibawa ke daerah asalnya di Pulau Gowa untuk dimakamkan oleh keluarga.

Pemulangan jenazah akan menggunakan kapal yang sudah disiapkan Pemkab Sumenep. Langkah itu dilakukan setelah identifikasi korban selesai.

“Yang luka-luka dan butuh pertolongan tetap ditangani tim medis di RSUD Sumenep bersama tim Dinas Kesehatan Provinsi Jatim,” tambahnya.(div/r7)

Loading...