D-ONENEWS.COM

Wali Kota Gibran Siap Dukung Program “Indonesia Makin Cakap Digital”

Solo,(DOC) – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming turut berpartisipasi dalam webinar “Indonesia Makin Cakap Digital 2021“, bertempat di Alilla Hotel, Kamis(20/5/2021). Program Literasi Digital Nasional dengan tema Indonesia Makin Cakap Digital merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Turut dihadiri secara virtual oleh Presiden RI, Joko Widodo. Seluruh kepala daerah dari 34 provinsi, 415 kota/kabupaten dan 500.000 talent digital seluruh Indonesia turut meramaikan secara virtual.

Gibran Rakabuming sebagai keynote speaker pada kesempatan ini menyampaikan perlunya literasi digital sebagai perisai dalam menyelami dunia maya.

“Literasi digital adalah salah satu metode untuk menghadapi derasnya serangan-serangan cyber. Kecakapan, keterampilan penggunaan media digital merupakan perisai tangguh saat berselancar di unsecure network. Program nasional literasi digital yang telah diluncurkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia merupakan solusi yang tepat jika diterapkan secara masif oleh pemerintah provinsi, kota dan kabupaten ” jelas Gibran.

Selanjutnya, Walikota Solo berharap dengan diluncurkannya program ini, dapat meuwujudkan masyarakat Indonesia yang makin cakap digital.

“Saya berharap digital yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo dapat merealisasi milestone yang ditargetkan sehingga cita-cita masyarakat Indonesia Cakap Digital dapat tercapai” pangkasnya.

Pada kesempatan ini, Presiden Joko Widodo  mengarahkan untuk meningkatkan kecakapan masyarakat, sehingga internet dipenuhi konten positif sehingga mampu meningkatkan produktifitas masyarakat.

“Isi ruang digital dengan konten-konten positif, banjir terus-terus dengan konten-konten possitif. Kita harus tingkatan kecakapan di masyarakat agar mampu menciptakan lebih banyak konten-konten kreatif yang mendidik yang menyejukkan yang menyerukan perdamaian. Internet harus mampu meningkatkan produktivitas masyarakat” ujar beliau.

Penyelenggaraan peluncuran dilakukan secara hybrid, dimana pelaksanaan secara offline digelar di Senayan dan secara online.(r7/jj)

Loading...

baca juga