D-ONENEWS.COM

Walikota Gibran Mider Praja Tinjau Lokasi Rawan Banjir dan Pelaksanaan Vaksinasi

Surakarta,(DOC) – Mider Praja atau bersepeda keliling kota kembali dilakukan oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Jumat (28/5/2021).

Ada 7 lokasi yang dikunjungi, yaitu meninjau lokasi drainase dan titik – titik banjir di Kota Surakarta yakni depan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Notosuman (Jalan Muh Yamin), Joyotakan dan  daerah Palang Pintu Kereta Api Jebres serta lokasi vaksinasi di Puskesmas Gajahan, Puskesmas Purwodiningratan dan Rumah Sakit Dr. Oen Kandang Sapi.

Pada kegiatan kali ini, saat meninjau drainase yang mampet dampak banyaknya sumbatan sampah, Walikota mengatakan dalam waktu dekat akan dipasang box culvert untuk memperlancar arus air karena dimenasinya yang lebih besar dari selokan biasa.

“Akan segera kita atasi masalah selokan mampet ini. Lihat saja banyak sampah makanan dan sisa minyak. Kita keruk dulu. Kita bikin sodetan baru ke arah Honggowongso ( jalan ) dan dipasang box culvert. Untuk saluran depan OJK akan dikeruk dan diperdalam oleh OJK. Sementara titik banjir lainnya sedang kita identifikasi dan kita perbaiki segera,” beber Gibran.

Saat berada di lokasi banjir lainya, di kampung sekitar Palang Pintu Kereta Api Jebres, Walikota Gibran mengungkapkan bahwa masalah sudah diketahui, yaitu drainase sudah dilebarkan namun menyempit di tanah KAI. “Kita koordinasi dengan KAI, soalnya dengan volume air yang semakin membesar di kala hujan,” katanya.

Sementara Ketua RT-01, Rasmiati mengharapkan Walikota Surakarta segera bertindak untuk membebaskan warga dari ancaman banjir, terutama di sekitar bantaran rel KA dekat stasiun dan palang pintu  Jebres.

Kemudian, Walikota Gibran menjelaskan, bahwa rute mider praja yang dilewati akan dikerjakan drainasenya secara menyeluruh dan paralel. Rumah atau lahan warga yang nantinya terkena dampak sudah terdata. Ia berharap warga rela agar tak lagi terjadi banjir. Gibran juga mengungkapkan banyaknya drainase yang justru ditutup dengan beton sehingga menyulitkan dalam pengerukan dan pembersihan endapan dan sampah yang tersangkut.

Menurut Walikota, pengerjaan perbaikan drainase direncanakan selesai tahun 2022 hingga 2023.

Sementara itu, dalam tinjauan vaksinasi ke dua Puskesmas Gajahan dan Purwodiningratan, Gibran menyambangi warga masyarakat dan menanyakan sekelumit pendapat warga dan mendorong warga terutama warga lansia untuk tetap menjaga protokol kesehatan walaupun sudah divaksin.

“Hari ini untuk vaksin dosis kedua lansia dan pedagang Pasar Cinderamata dan Gading. Untuk warga khusus kita selesaikan Mei. Sedangkan untuk masyarakat umum, vakasinasi dimulai Juni dengan sasaran yang ditentukan,” jelasnya.

Sementara, vaksinasi di RS. Dr. Oen, Walikota menyambangi para pemain Persis Solo yang kebetulan mendominasi vaksinasi karena memang dijadualkan hari ini.

Dikatakan, ketersediaan vaksin di Kota Surakarta pada bulan Mei dan Juni lebih dari cukup sehingga capaian vaksinasi warga Kota Surakarta sudah sangat baik. Sepertiga lebih warga sudah divaksin oleh Dinas Kesehatan Surakarta.

Sasaran selanjutnya, Walikota Gibran akan mengadakan vaksinasi untuk keluarga Nakes ( Tenaga Kesehatan ). Hal ini disebabkan paling riskan terpapar karena anggota keluarga yang berprofesi sebagai nakes sering melakukan kontak erat dengan masyarakat banyak dan para penderita Covid 19.

“Selain keluarga Nakes, kita sasar juga zona – zona yang dari dulu tidak pernah hijau. Ada beberapa zona yang selalu oranye misalnya Kelurahan Bumi, Pajang. Yang Oranye kita hijaukan biar anak – anak bisa masuk sekolah ( PTM ),” tutup Gibran.(r7/jj)

Loading...

baca juga