D-ONENEWS.COM

Walikota Surabaya Masuk Bursa Pilgub Jatim, PDIP Belum Ada Intruksi Resmi

Surabaya,(DOC) – Nama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini kembali disebut akan turut meramaikan pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mendatang.  Selain Risma, nama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga disebut-sebut bakal maju.
Namun, kedua tokoh dengan segudang prestasi di daerahnya masing-masing ini, enggan menanggapi masalah Pilkada serentak di provinsi timur Pulau Jawa tersebut.
Sementara di ‎Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang merupakan partai pengusung Risma dan Anas di Pilkada 2015 lalu, mensejajarkan nama keduanya dengan nama-nama top.
Partai penghuni 19 kursi di DPRD Jawa Timur ini, menyebut nama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi, serta beberapa nama lainnya‎ untuk berebut tiket maju di Pilgub Jawa Timur bersama Risma dan Anas.
Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) tidak menyebut nama Anas dalam pantauannya. ‎Hal ini sempat disampaikan ketua umumnya, Zulkifli Hasan di Surabaya beberapa waktu lalu.
Partai berlogo sinar matahari ini, hanya menyebut nama Risma, Khofifah dan Gus Ipul. Untuk kader internal, Zulkifli menyebut nama Ketua PAN Jawa Timur, Masfuk dan Bupati Bojonegoro Suyoto.
Selain dua partai tersebut, Partai Hanura juga berniat mengajukan nama Risma ke DPP untuk maju di Pilgub Jawa Timur. Partai besutan Wiranto ini tidak memasukkan Anas dalam daftar incarannya.
Hanura menilai, Risma lebih berpeluang ketimbang nama lain. Melalui prestasinya selama memimpin Surabaya, Risma digadang-gadang bisa memenangkan Pilgub 2018.
‎Ditanya soal namanya masuk pantauan PDIP dan PAN, Risma yang usai melepas 52 pelajar Surabaya yang akan bertanding di Kejurnas Drumband di Lampung, Sumateras Selatan pada 4 hingga 8 Febuari itu menjawab enteng. “Ndak ada tanggapan, aku gak kepingin kok (maju Pilgub). Ngurus Surabaya saja,” jawab Risma singkat, Rabu (1/2/2017). ‎
Seperti diketahui, akhir 2016 lalu Risma digadang-gadang maju menjadi calon gubernur di Pilgub DKI Jakarta 2017. Namun, dia kalah bersaing dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. PDIP lebih memilih Ahok yang akan bertarung di ibu kota.
Awal Januari, nama Risma kembali disebut-sebut akan ikut meramaikan bursa penyalonan Pilgub Jawa Timur 2018. ‎Nama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga santer dibicarakan.
Sayang, seperti halnya Risma, Anas juga enggan menanggapi. ‎Karena dia menilai, ada banyak tokoh hebat di Jawa Timur, yang siap maju. “Banyak juga wartawan yang tanya soal ini (Pilgub Jatim), ya saya jawab sambil guyon, belum ada perintah,” kata Anas di Surabaya, Selasa kemarin (31/1/2017).
“Intinya, waktu saya masih sekitar empat tahun di Banyuwangi. Masih banyak program dan target yang harus saya kawal tanpa harus terpecah konsentrasi untuk lain-lain,” sambungnya.
Terpisah, Adi Sutarwijono Ketua Bapilu DPC PDI Perjuangan Surabaya, menyatakan, bahwa belum ada intruksi resmi dari partai soal penunjukkan Walikota Surabaya Tri Rismaharini untuk maju dalam bursa Pilgub Jawa Timur.
“Menyikapi gencarnya pemberitaan Pilgub, PDIP masih belum mengeluarkan intruksi siapa yang akan maju mewakili partai. Salah satu pertimbangannya yaitu pelaksanaan Pilgub Jatim masih lama,” ungkap Adi dalam release tertulisnya.(bl/r7)

Loading...