D-ONENEWS.COM

1000 Calon Pelanggan PDAM Tak Mampu Lunasi Biaya PSB

foto : Mujiaman Dirut PDAM Surya Sembada

Surabaya,(DOC) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada tengah memutar otak untuk memangkas prosedur pemasangan jaringan baru agar tak membutuhkan waktu lama.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Surya Sembada, Mujiaman menyatakan, pasang sambungan baru(PSB) biaya murah telah diwujudkan melalui program Gebyaf Diskon PSB yang dibuka mulai 2 April – 31 Desember 2019.

“PSB sudah murah biayanya tergantung daya listriknya. PSB mulai Rp. 200 ribu untuk daya 450 watt sampai Rp 1 juta untuk daya 2200 watt,” kata Mujiaman, Jumat(30/8/2019).

Sejak dibuka pendaftaran PSB murah, rata-rata jumlah pemohon mencapai 100 pendaftar perhari. Berdasarkan data pemohon hingga akhir Agustus, jumlah pendaftar PSB murah telah mencapai sekitar 14.000 pemohon untuk sambunga rumah.

“Estimasi sampai akhir tahun 2019, jumlah pemohon PSB baru bisa mencapai 20 ribu-an. Akibatnya terjadi penumpukkan PSB yang mempengaruhi waktu pemasangan jaringan,” tambahnya.

Untuk mempersingkat waktu pasang jaringan baru, PDAM akan menambah personil dan memangkas prosedur birokrasi.

“Berdasarkan kalkulasi dan analisis untuk percepatan PSB, kita lakukan pemangkasan prosedur dan penambahan personil. Nantinya

setiap calon pelanggan akan selesai disurvei dan jadi RAB (Rencana Anggaran Biaya,red) sebagai pemohon PSB dalam waktu 3 minggu. Setelah RAB dibayar, pelanggan hanya menunggu antrian sekitar 1 bulan,” katanya.

Pemangkasan prosedur yang telah dilakukan PDAM dan terbukti effektif yaitu melalui tiga cara, meliputi igitalisasi pengisian data PSB, efisiensi jam kerja petugas survei dan otomatisasi penghitungan RAB.

“Sampai hari ini masih ada kendala sekitar 1000 pemohon PSB yang sudah disurvei namun belum melunasi pembayaran karena berbagai alasan. Manajemen akan mencari terobosan dan segera mengumumkan data 1000 calon pelanggan tersebut ke Medsos dan website PDAM,” pungkas Mujiaman.(robby/r7)

Loading...

baca juga