D-ONENEWS.COM

Anies Temui Rizieq, Epidemiologi: Secara Keilmuan Wabah Kurang Bijak

Jakarta (DOC) – Epidemiolog Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menyebut tindakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendatangi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab merupakan tindakan yang tidak bijak di masa pandemi.

Dicky mengatakan Anies bisa dikatakan melanggar protokol kesehatan yaitu bertemu dengan orang yang baru saja bepergian dari luar negeri. Setibanya di Indonesia seharusnya Rizieq melakukan isolasi diri selama 14 hari

“Saya bicara secara keilmuan wabah, tentu ini bukan hal yang bijak ya bertemu seperti ini, ini tentunya berbahaya karena bisa ada penularan,” kata Dicky, dilansir CNN Indonesia, Rabu (11/11).

Ia juga menyinggung kepekaan terhadap situasi pandemi (sense of crisis) Anies yang kurang. Apalagi, menurut Dicky, Anies adalah seorang tokoh publik yang harus memberikan contoh kepada masyarakat.

Tindakan Anies yang melakukan pertemuan langsung dengan orang yang baru bepergian ini, bisa membawa pengaruh negatif pada masyarakat. Masyarakat, kata dia, nantinya juga bisa melanggar protokol kesehatan dengan mengadakan pertemuan, sama seperti yang dilakukan Anies.

Dicky juga menyebut, potensi penularan akan tetap ada meski dalam pertemuan itu, Anies dan Rizieq menggunakan masker dan memerhatikan protokol kesehatan. Satu hal, sambung Dicky, mestinya Anies bisa melakukan pertemuan secara daring dengan Rizieq jika memang benar-benar penting.

“Karena walaupun face to face dan dikatakan menjaga jarak segala macam, dalam situasi saat ini, apalagi kemarin dijemput banyak orang, tentu risiko penularannya akan tinggi,” ucap Dicky.

“Kerugiannya pada yang bersangkutan, gubernurnya, Rizieqnya, kan potensi terganggu kesehatannya lebih besar,” sambungnya.

Seperti diketahui, pertemuan Anies dengan Rizieq berlangsung pada Selasa (10/11) malam. Pertemuan tersebut diketahui lewat unggahan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustaz Tengku Zulkarnain di Instagram.

Zulkarnain lewat akun Instagram-nya, @tengkuzulkarnain.id menuliskan tentang persahabatan dalam unggahan foto tersebut.

“Pertemuan Empat Sahabat. Tiada yg lebih menggembirakan daripada bertemu dengan shahabat. Nilai persahabatan bagi kaum muslimin itu dari dunia hingga akhirat. Di dunia saling bantu membantu dalam kebajikan dan di akhirat saling tolong menolong menuju sorga,” tulis Zulkarnain dalam akun Instagram-nya. (cnn)

Loading...

baca juga