D-ONENEWS.COM

Bacawali Partai Nasdem Bisa Berubah, Rekom Gerindra Tunggu Keputusan Pusat

Surabaya,(DOC) – DPD Partai Nasdem Kota Surabaya masih menunggu keputusan DPP untuk menentukan Bakal Calon Wali Kota (Bacawali) Surabaya yang mendapatkan rekomendasi.
Menurut Sekretaris DPD Partai Nasdem kota Surabaya, Hari Santoso, sudah ada beberapa nama calon kandidat yang telah diusulkan ke pusat, yaitu Vinsensius Awey mantan anggota DPRD kota Surabaya, Hariyanto Ketua Peradi Kota Surabaya, dan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans.
“Nama-nama tersebut hasil penjaringan intern partai yang sudah tidak mungkin berubah karena telah diusulkan ke pusat. Jadi kita hanya menunggu keputusan saja,” katanya, Jumat(17/1/2020).
Keputusan tersebut bisa berubah, ketika pengurus DPW Jawa Timur menjaring lagi nama kandidat Bacawali Surabaya untuk di usulkan ke DPP Partai Nasdem bersama 3 Bacawali yang telah dijaring oleh pengurus di tingkat kota.
Pengurus Wilayah(Jawa Timur.red), lanjut Hari, mempunyai kuota 2 orang untuk menjaring Bacawali tambahan. Sehingga, jika hal itu dilakukan, maka total nama Bacawali yang diusulkan ke DPP Partai Nasdem bisa 5 orang. Rinciannya, 3 orang Bacawali dijaring melalui DPD Surabaya dan 2 orang Bacawali lagi dijaring melalui DPW Jawa Timur.
“Jadi kalau pak Mahcfud (Mahcfud Arifin,red) ingin mendapat dukung dari Nasdem bisa melalui DPW atau langsung ke DPP. Karena yang memiliki rekomendasi adalah pusat,” tandasnya.
Seperti diketahui bahwa Mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol (purn) Mahcfud Arifin, kini tengah getol mendekati sejumlah partai politik untuk meraih rekomendasi sebagai Bacawali Surabaya. Parpol yang telah didekati yaitu Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa(PKB). Mantan Ketua Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma’ruf tersebut, kini sudah mengantongi rekomendasi dari PAN untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwali) 2020. Partai Nasdem nampaknya juga akan menuju kearah tersebut.
“Menuju kesana. Karena Nasdem harus berkoalisi dengan partai lain untuk bisa mengikuti Pilwali. Kalau tiga Parpol koalisi itu sudah merekom Pak Mahcfud, ya mungkin kita juga akan mendukungnya, jika kita berkoalisi dengan partai-partai tersebut,” pungkasnya.
Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Surabaya, BF Sutadi menyatakan, bahwa rekomendasi Bacawali partai berlambang kepala burung garuda tersebut masih dalam proses ditingkat pusat. Gerindra memiliki 4 kandidat Bacawali yang tengah diusulkan, yaitu, Mahcfud Arifin, Gus Han, Hariyanto dan Dr Gamal.
“DPP masih memprosesnya. Tidak bisa cepat seperti PAN karena jumlah kursi Gerindra lebih banyak,” katanya.
Sebelumnya, Sekretaris DPD Partai Gerindra Surabaya, AH Thony menginginkan Gerindra dan partai koalisi lainnya bergabung dengan PDIP untuk mengusung satu pasangan Bacawali dan Bacawawali.
“Biar tidak ada kegaduhan di Surabaya saat Pilwali nanti. Jadi keinginan saya muncul calon tunggal hasil koalisi semua Parpol,” tandasnya.(robby)

Loading...

baca juga