D-ONENEWS.COM

Bantu Anak Berkebutuhan Khusus, Kemensos dan Kitabisa Salurkan Donasi

Jakarta,(DOC) – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bersama CEO Kitabisa.com Alfatih Timur menyerahkan bantuan untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Rumah Singgah Bunda Peduli, Jakarta Pusat dan Rumah Singgah Respek Peduli, Jakarta Utara, Rabu(09/03/2022).

“Pertama saya ucapkan terima kasih. Saya dapat info (warga yang membutuhkan bantuan) dari teman-teman media maupun warga yang mengunggah di media sosial. Terima kasih kepada orang-orang baik yg membantu melalui Kitabisa” kata Mensos Risma.

Bantuan hasil donasi masyarakat melalui Kitabisa.com diberikan untuk satu anak di Rumah Singgah Bunda Peduli dan tujuh anak di Rumah Singgah Respek Peduli. Total donasi yang terkumpul per 9 Maret 2022 terdiri dari Rp67.215.848 untuk Muhammad Jafarudin (penderita kanker tulang); Rp70.952.922 untuk Aulia Alfina Febriyanti (penderita gagal ginjal); Rp144.947.255 untuk Irwansyah (penderita kanker darah); Rp147.775.775 untuk Dwi Bayu Adi Saputra (penderita kanker tulang ganas); Rp102.434.343 untuk Syifa Aulia (penderita jantung bocor); Rp108.237.193 untuk Eva Ruri (penderita kelainan tulang); Rp117.132.454 untuk Heni Adelia (penderita kelainan rahim); Rp96.183.523 untuk Lutfi Al Rizki (penderita kerusakan hati).

Anak-anak berkebutuhan khusus yang berasal dari berbabagi daerah tersebut mengalami kondisi kesehatan tertentu sehingga mengharuskan mereka melakukan pengobatan di Jakarta dan membutuhkan tempat untuk singgah.

Mensos mengatakan banyaknya orang sakit yang dirujuk ke Jakarta karena ketersediaan fasilitas dan tenaga medis paling lengkap berada di Jakarta.

“Meskipun ada donasi, mereka masih membutuhkan biaya operasional untuk pulang pergi bolak balik berobat. Sehingga alhamdulillah rumah singgah ini bisa menampung,” kata Mensos.

Selain itu Kementerian Sosial juga memberikan bantuan untuk anak-anak lainnya yang berada di kedua Rumah Singgah tersebut berupa keperluan anak seperti popok, kebutuhan gizi anak, susu, dan mainan.

Sebelumnya, Kementerian Sosial melalui Loka “Kahuripan” Sukabumi dan Balai “Galih Pakuan” Bogor memberikan pendampingan kepada ketujuh anak-anak berkebutuhan khusus tersebut mulai dari asesmen, pendampingan, dan identifikasi kebutuhan pokok serta bekerja sama dengan Kitabisa.com menggalang donasi masyarakat.

Dalam upaya mewujudkan kesejahteraan sosial, pemerintah membutuhkan partisipasi berbagai pihak termasuk masyarakat. Kerja sama Kementerian Sosial dengan Kitabisa.com, salah satunya, merupakan kemitraan yang menggalang kepedulian sosial masyarakat untuk membantu mereka yang membutuhkan.

CEO Kitabisa Alfatih Timur mengatakan, donasi yang digalang melalui Kitabisa disalurkan secara bertahap dan dikawal dalam beberapa bulan ke depan.

“Iya karena penyalurannya (donasi) akan dibuat beberapa bulan, jadi bisa kita pantau perkembangannya dan akan kita laporkan ke Kemensos juga,” katanya.(hm/r7)

Loading...

baca juga