D-ONENEWS.COM

Beras dan Paket Sembako Disalurkan ke Warga Terdampak Covid-19

Lumajang,(DOC) – Dampak merabaknya wabah Corona Virus Disease 2019 (covid-19) atau virus corona yang semakin masif di Indonesia, membuat perekonomian masyarakat tidak menentu.

Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Lumajang akan menyalurkan 23,29 ton beras dan 200 paket sembako siap disalurkan kepada warga terdampak covid-19. Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan langsung kepada masyarakat oleh petugas dan relawan melalui gerakan “Ngeramut Tonggo”.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, saat ini bantuan akan difokuskan dalam bentuk beras. Sementara Beras yang sudah terkumpul akan dikemas dalam wadah 5 Kg yang kemudian akan didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak.

“Bantuan ini berasal dari penyisihan gaji ASN Pemkab. Lumajang, Infaq dan Shodaqoh yang dikumpulkan BAZNAS, PT. Mustikatama, APINDO, BKSAG, Bank Pasar dan berbagai organisasi masyarakat,” tuturnya.

Dikatakan Cak Thoriq, aat ini yang juga perlu dipikirkan adalah penyelesaian dampak akibat Covid-19 bagi kalangan sektor informal. Pihaknya akan menyediakan posko yang akan digunakan sebagai pusat kegiatan Gerakan Ngeramut Tonggo baik dalam pengumpulan bantuan maupun aktivitas lainnya. Posko Gerakan Ngeramut Tonggo ditempatkan di Gor Wira Bhakti Lumajang.

“Gerakan ini adalah gerakan untuk peduli kepada tetangga, kepada sesama yang terkena dampak secara ekonominya, Gerakan ngeramut tonggo ini adalah inisiatif dari banyak masyarakat yang ingin membantu kepada sesamanya yang terkena dampak atas terjadinya vjrus corona,” ujar Bupati Lumajang saat memimpin pemberangkatan sejumlah bantuan logistik beras, di Gor Wira Bhakti Lumajang (6/4/2020).

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh lapisan masyarakat utamanya yang berkecukupan untuk membantu sesama, apalagi dalam situasi seperti ini banyak masyarakat yang membutuhkan.

“Berbagi itu indah, maka saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Lumajang yang berkemampuan lebih, lihatlah tetangga kanan, kiri, depan, belakang. Saya yakin kalau kita berbagi rejeki kita akan dilipat gandakan,” ujarnya.

Gerakan yang juga melibatkan banyak relawan tersebut membuka peluang bagi masyarakat yang ingin berbagi kepada sesama. Posko Gerakan Ngerumat Tonggo siap menerima bantuan dalam baik dalam bentuk beras ataupun uang yang nantinya juga akan dibelikan beras.(imam)

Loading...

baca juga