D-ONENEWS.COM

Bus Siswa SMP Labschool UNESA Tiba di Surabaya, Terlibat Kecelakaan di Tabanan Bali

Surabaya,(DOC) – Kecelakaan serius bus pariwisata yang melibatkan siswa dan guru SMP Labschool 2 Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masih bisa selamat.

Kecelakaan beruntun di Tabanan Bali, yang sempat viral di media sosial, kini sudah tiba di Surabaya, Senin(20/6/2022) pagi tadi.

Bus yang mengalami kecelakaan di tumpangi 46 siswa dan para guru SMP Labschool 2 Unesa. “Benar kecelakaannya, Sabtu(18/6/2022). Iya tadi pukul 04.00 WIB tiba di Surabaya, tempatnya di Kampus Ketintang. Akhirnya beberapa tujuan lain cancel semuanya,” kata Humas Unesa, Vinda Maya, Senin (20/6/2022).

Para rombongan pelajar saat tiba di Surabaya pun langsung pulang ke rumah masing-masing. Karena tidak ada yang memerlukan perawatan intensif.

“Langsung pulang semuanya, karena beberapa yang di rawat kondisinya baik dan boleh pulang,” ujarnya.

Rombongan pelajar dan guru dari SMP Labschool 2 Unesa totol ada 88 orang. Terbagi dalam dua rombongan bus dan satu mini bus.

Vinda menyebut ada 4 siswa yang mengalami luka-luka.

Oleh karena itu usai kecelakaan, rombongan tak langsung tolak ke Surabaya.

Mereka menunggu kondisi 4 siswa tersebut sampai aman untuk di bawa kembali pulang.

“Jadi menunggu kondisi 4 tadi, menunggu dulu untuk pemeriksaan medis di RS di Tabanan. Terus ketika kondisi membaik akhirnya diputuskan managemen sekolah kembali ke sekolah,” ungkapnya.

Menurut Vinda, para siswa akan mendapat pendampingan trauma healing. Agar tidak menimbulkan efek kejiwaan yang mendalam, khususnya bagi 4 siswa yang mengalami luka ringan.

“Ada. Jam 12 tadi rapat koordinasi dari badan pengelola labschool, ada ketua yayasan, satuan mitigasi crisis center, besok(21/6) jam 09.00 WIB akan ada sesi trauma healing,” kata Vinda.

Selain pelajar, para wali murid siswa juga di hadirkan dalam pendampingan trauma healing. Hadir juga beberapa psikolog yang akan memberikan konseling.

“Konseling individual, kelompok untuk melakukan identifikasi. Tadi ada 1 yang diundang sebagai perwakilan. Besok diundang saat trauma healing di Kampus Ketintang,” jelasnya.

Vinda mengatakan, pada saat kecelakaan, para siswa SMP Labschool 2 Unesa sedang melakukan study tour ke beberapa tujuan di pulau dewata. Namun, baru mengunjungi satu tujuan, kendaraan mereka terlibat kecelakaan.

“Mereka kesana study tour, ada beberapa tempat. Baru tujuan pertama dari Danau Bedugul, dari situ terus kecelakaan. Yang lainnya otomatis cancel. Ada 5 lokasi kunjungan. Ini baru 1 tujuan,” urainya

“Kemarin kalau identifikasi kepolisian Bali, kecelakaan akibat rem blong,” pungkasnya.(ang-r7)

Loading...

baca juga