D-ONENEWS.COM

Cegah Wabah PMK Makin Meluas, Pemkab Akan Screening Sapi di Perbatasan hingga Pasar Hewan

Lumajang,(DOC) – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti sejumlah hewan ternak sapi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kian mengkhawatirkan para peternak.

Pasalnya, dari hasil laporan Petugas Puskeswan terdapat kasus PMK sapi ditemukan di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Pasirian, Kunir, Senduro dan Klakah.

Dari hasil pemeriksaan terhadap 231 ekor sapi di empat kecamatan yaitu Pasirian, Kunir, Senduro dan Klakah, dan ditemukan 124 ekor sapi yang menderita sakit

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, bahwa pihaknya akan melakukan screening terhadap sapi milik peternak yang ada di Kabupaten Lumajang, dan sapi yang akan masuk ke Kabupaten Lumajang.

Menurutnya, hal itu bertujuan untuk mengetahui kondisi sapi sekaligus mencegah penularan PMK.

“Langkah kami antara lain screening sapi, itu juga untuk keperluan pasar hewan,” ujar dia.

Selain itu, disampaikan Cak Thoriq, bahwa jual beli sapi di pasar hewan sangat berpotensi menyebarkan PMK, karena penjual sapi tidak hanya berasal dari Kabupaten Lumajang melainkan dari beberapa daerah sekitar.

Selain screening, penanganan juga dilakukan dengan pemberian obat-obatan sembari mengunggu adanya vaksin dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.(Imam)

Loading...

baca juga