D-ONENEWS.COM

Erupsi Gunung Semeru: 14 Orang Meninggal, 1300 Orang Mengungsi

Lumajang, (DOC) – Jumlah koban meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru di Lumajang per Minggu (5/12/2021) pukul 17.30 WIB tercatat 14 orang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Letjen Jendral TNI Suharyanto ketika menggelar konfrensi Pers di Kantor Kecamatan Pasirian.

“Informasi sampai hari ini (Minggu red) ada 14 orang meningga dunia,” ujarnya.

Jumlah 14 orang itu terdiri dari dua warga Desa Supiturang, lima warga Desa Curah Kobokan, dan dua warga Desa Sumber Wuluh. Sementara itu, lima orang lainnya belum teridentifikasi identitasnya.

“Lima jasad ada di RS Bhayangkara belum teridentifikasi indetitasnya,” ungkapnya.

Sementara jumlah warga yang mengungsi hingga pukul 15.30 WIB sejumlah 1300 orang, untuk lokasi pengungsi tersebar beberapa titik.

“Dari BNPB sudah membantu mengerahkan mendukung makanan tempat saji, selimut, kemudian matras, tenda, dan dana siap pakai, artinya kebutuhan dasar para pengungsi kami akan prioritaskan,” bebernya.

Ia menyebutkan, Panglima TNI telah menyiapkan tempat pengungsian lainnya, yakni di Batalyon 27.

“Di sana ada tempat aula yang representatif, nanti sekelompok pengungsi yang kampungnya tertimbun akan direlokasi ke sana. Selain itu, kami terus mencari kelompok pengungsi yang terisolir, apakah ada yang meninggal atau tidak,” ungkapnya.

Hingga saat ini, BNPB dibantu TNI Polri, Basarnas, serta relawan masih terus melakukan pencarian dan evakuasi korban. Untuk memudahkan proses evakuasi, perbaikan akses jalan dari timbunan material dan lumpur juga telah dilakukan. (Imam)

Loading...

baca juga