D-ONENEWS.COM

Gubernur dan GM PLN Jatim Buka 1.951 Aliran Listrik di Relokasi Huntap

Aliran listrik Huntap SemeruLumajang,(DOC) – Para penyintas Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru yang sudah tinggal di Hunian Tetap (Huntap) Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro merasa lega. Sebab, tempat tinggalnya kini sudah teraliri listrik.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membuka sambungan aliran listrik di lokasi Huntap warga terdampak.

Hadir dalam penyalaan sambungan listrik secara simbolis. General Manager PLN Jawa Timur Lasiran, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq serta Ketua Kwarda Pramuka Jawa Timur Arum Sabil.

Pada kesempatan itu, Gubernur Khofifah memberikan apresiasi kepada PLN UID Jawa Timur dan tim. Karena sudah bekerja keras dan bekerja cepat menyelesaikan sambungan listrik untuk 1.951 Huntap.

“Saya berharap, dengan adanya suplai energi listrik sekaligus menjadi pembangkit dari aktifitas perekonomian warga yang sempat lumpuh karena bencana,” jelasnya.

Khofifah menuturkan, kehadiran listrik ini menjadi sangat penting bagi kehidupan masyarakat di era modern kali ini.

Pihaknya berharap dengan masuknya listrik ke BSD menjadi modal bagi masyarakat untuk mengembangkan aktivitas ekonominya.

“Terimakasih PLN, seluruh unit yang ada sudah terakses elektrifikasi, saya lihat yang ada di hunian ini sudah mulai melakukan aktifitas ekonomi,” tambahnya.

Untuk di ketahui, pembangunan jaringan listrik bagi huntap penyintas  APG Semeru ini di suplai dari penyulang Pronojiwo yang membutuhkan penambahan 79 tiang Tegangan Menengah (TM), 133 tiang Tegangan Rendah (TR), 3.158 kilometer sirkuit (kms) jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), jaringan Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) sepanjang 6,447 kms serta 7 unit gardu distribusi.

Sementara itu, General Manager PLN Jawa Timur Lasiran mengatakan, pihaknya dari PLN sudah melakukan penyambungan secara tuntas sebanyak 1.950 sambungan.

“Mudah-mudahan listrik yang kami sambung ini bisa bermanfaat buat masyarakat yang ada di relokasi huntao dan huntara,” ujarnya.

Setiap rumah di BSD mempunyai daya sebesar 900 VA yang tersambung dengan layanan prabayar.(imam)

 

Loading...

baca juga