D-ONENEWS.COM

Gunung Agung Meletus Semburkan Abu Vulkanik 2 Meter

Bali (DOC) – Gunung Agung yang terletak di Karangasem, Bali kembali meletus, Selasa (22/1/2019). Letusan terjadi sekira pukul 03.42 Wita dengan durasi 2 menit.

Laporan resmi pos pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Karangasem menyebutkan, tinggi kolom abu yang teramati mencapai 2.000 meter di atas puncak kawah. Asap terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.
Selain asap tebal dari puncak kawah juga terlihat kilatan cahaya menyertai erupsi. Sejak tengah malam hingga pagi, Gunung Agung terus diguncang gempa, baik gempa embusan, vulkanik dangkal maupun tektonik lokal. Selain itu, Gunung Agung terus diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir.

Status Gunung Agung sendiri masih berada pada level III (siaga). Zona bahaya berada pada radius 4 kilometer dari puncak kawah. Warga, wisatawan maupun pendaki diimbau tidak beraktivitas dalam zona tersebut. Selain itu, ancaman sekunder juga mengintai berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi, terutama pada musim hujan dan material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga