D-ONENEWS.COM

Wisatawan Diimbau Jauhi Areal Dasar Kawah Ratu Dan Upas

Jakarta (DOC) – Kementerian Pariwisata meminta pengunjung termasuk masyarakat, wisatawan dan pendaki di kawasan Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat untuk menjauhi areal dasar Kawah Ratu dan Upas hingga menunggu pengumuman selanjutnya. Tangkuban Perahu erupsi pada Jum’at (26/7) Pukul 15.48 WIB.

Kepala Biro Komunikasi Publik Guntur Sakti, melalui pesan resmi yang disampaikan Tim Crisis Center Kemenpar, mengatakan pihaknya sudah menerima informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), telah terjadi erupsi Gunung Tangkuban Parahu dengan tinggi kolom abu teramati ±200 meter di atas puncak.

Saat ini, PVMBG menetapkan Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status Level I (Normal) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, pengunjung, wisatawan, pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas.

“Saat ini daerah wisata telah ditutup dan wisatawan telah dievakuasi. Tim PVMBG terus mengevaluasi status gunung dan melalukan pemantauan lebih lanjut,” kata Guntur Sakti.

Untuk itu, ia menegaskan Kementerian Pariwisata mengimbau wisatawan untuk mengikuti instruksi pemerintah dan memperbarui informasi dari media resmi pemerintah, seperti akun Twitter @Kemenpar_RI, @BNPB_Indonesia, dan @vulkanologi_mbg. (gus)

Loading...

baca juga