D-ONENEWS.COM

JOTHAKAN

Anak-anak kecil suka melakukan jothakan. Kalau mereka tidak suka pada salah satu temannya mereka akan jothakan, tidak mau saling sapa.

Yang unik, jothakan di kalangan anak-anak ini ada aturannya. Misalnya, kedua belah pihak sama-sama saling setuju untuk jothakan, keputusan jothakan diambil bersama-sama (mutual decision). Untuk menandai dimulainya periode jotahakan kedua pihak melakukan ritual dengan cara menyentuhkan ujung jari kelingking masing-masing sambil mengucapkan pernyataan jothakan.

Jothakan tidak berlangsung selamanya tapi hanya sementara, bisa beberapa hari atau bahkan beberapa jam saja. Kalau masa jothakan dianggap cukup maka kedua pihak mengambil keputusan bersama untuk menghentikan permusuhan, semacam gencatan senjata (ceasefire) dalam diplomasi, atau truce (penghentian permusuhan).

Untuk menandai masa berakhirnya jothakan kedua pihak melakukan ritual kecil lagi dengan mempertautkan jari kelingking mereka. Jothakan berakhir dan mereka rukun dan bermain bersama lagi.

Jothakan ala bocah ini lucu tapi juga unik sekaligus menggemaskan. Tapi, kalau yang jothakan adalah orang-orang tua nenek-nenek dan kakek-kakek, apalagi mereka adalah para elite politik, maka jothakan itu makin lucu dan bikin kita terpingkal-pingkal sampai mules.

Itulah yang disaksikan masyarakat Indonesia beberapa hari terakhir ini. Masyarakat tahu secara terbuka bahwa Bu Mega jothakan sama Pak Brewok Surya Paloh. Itu terlihat di siaran televisi nasional yang disiarkan live ke seluruh Indonesia, kemudian menyebar luas di medsos.

Bukan hanya dengan Pak Paloh, Bu Mega rupanya juga jothakan sama Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY. Rupanya jothakan Bu Mega dengan AHY ini warisan dari SBY, yang sudah dijothak Bu Mega 15 tahun lebih.

Kabar beredar, Bu Mega menjothak Surya Paloh karena ribut-ribut soal jatah menteri. Mereka jothakan karena rebutan jatah kekuasaan.

Apa kita tidak malu kalau jothakan itu dilihat anak-anak kecil, bagaimana kita menjelaskan kepada mereka gaya jothakan elite politik kita. Apa Mega dan SBY juga sama-sama menjentikkan jari tangan waktu memutuskan untuk jothakan. Apa Pak Paloh juga main jentik tangan dengan Bu Mega…

Berapa lama Mega sepakat jothakan dengan SBY, lima tahun, 10 tahun, 15 tahun, 20 tahun..
Sekarang sudah 15 tahun SBY-Mega masih juga jothakan. Berarti, Pak Brewok juga harus siap-siap dijothak 15 tahun atau lebih…
Piye, Jal?

Loading...