D-ONENEWS.COM

Kandidat Sekda yang Dekat Wali Kota Berpeluang Menjabat, Pengamat UTM Sebut Inspektorat

Foto : Surokim Abdussalam

Surabaya,(DOC) – Seleksi atau lelang jabatan untuk pimpinan pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya di ketahui sudah ada tiga pendaftar yang lolos administrasi.

Ketiga kandidat Sekda itu, yakni Kepala Inspektorat DR Ikhsan SPsi MM, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Lilik Arjanto ST MT dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia R Rachmad Basari SE MM.

Tahapan test berikutnya yang harus di lalui oleh para kandidat, yaitu seleksi kompetensi jabatan. Di gelar selama dua hari tanggal 10-11 Januari 2023.

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam, menyatakan, kandidat yang berpeluang lolos, di mungkinkan yang mempunyai kedekatan dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Mengingat Sekda dan Wali Kota harus punya frekwensi yang sama sebagai user dan memberi support dalam melayani pimpinan.

“Jadi pertimbangan kecocokan akan menjadi variabel penting, karena Sekda pasti akan di tanya pusat siapa yang di kehendaki. Dari 3 calon yang lolos tinggal di tracking saja siapa yang paling dekat Wali Kota Pak Eri. Yang di kasih panggung banyak oleh wali kota saat ini,” kata Surokim, Kamis(12/1/2023).

Ia menyebut, kandidat yang di nilai dekat dengan Wali Kota Eri Cahyadi yakni Kepala Inspektorat Kota Surabaya. Hal itu bisa di lihat berdasarkan kebutuhan internal.

“Jika di lihat dari kebutuhan internal, Pak Ikhsan punya pengalaman yang relatif lengkap jika dibanding yang lain. Tapi kalau pertimbangan kecocokan dengan wali kota, ya Pak Wali yang tahu,” jelasnya.

Namun, untuk permainan politik di dalamnya atau “titipan” juga di rasa minim. Sebab, pintu yang bisa di tembus hanya kepala daerah.

“Di era sekarang “titipan” kian tipis peluangnya, karena pintunya hanya bisa masuk lewat wali kota saja,” tutupnya.(r7)

Loading...

baca juga