Kembali ke Rutinitas, Ini Tips Dari Ahli Gizi

Tidak ada komentar 92 views

Jakarta (DOC) – Setelah menjalani puasa selama sebulan penuh, tubuh akan kembali menyesuaikan dengan rutinitas sehari-hari.

Ahli gizi Neha Gupta memberikan tips agar tubuh siap kembali ke rutinitas.

1. Mulailah hari dengan sarapan buah segar atau segelas jus buah. Yang terbaik adalah makan pisang, apel atau jeruk nipis manis, dilansir dari The Health Site, Minggu (17/6/2018).

Ini karena buah-buahan tidak hanya akan membuat Anda merasa kenyang, tapi juga menyediakan energi yang cukup untuk memulai hari.

2. Pastikan Anda tidak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang digoreng, terutama saat sarapan. Jika Anda nekat memakannya, mungkin Anda berisiko kena penyakit pencernaan.

3. Hindari konsumsi makanan pedas dan berminyak. Ini adalah trik mencegah masalah lambung, seperti gangguan pencernaan dan asam lambung.

4. Makan sayur terlebih dulu. Sayuran kaya dengan serat dan nutrisi, yang akan membuat Anda kenyang dan mencegah konsumsi makanan berkalori tinggi. Mulailah makan semangkuk salad atau tumis sayuran.

5. Anda mungkin merasa sangat haus setelah makan, tapi ide terbaik adalah menghindari minum air saat makan atau setelah makan. Hal ini akan mencairkan enzim pencernaan dan memperpanjang proses pencernaan. Anda akan kena gangguan pencernaan.

Minumlah air sekitar satu jam sebelum atau sesudah makan untuk memastikan saluran pencernaan bekerja dengan baik. (dbs/d02)