Kemenag Butuh 26.000 Guru Agama

Tidak ada komentar 130 views

Surabaya (DOC) – Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kementerian Agama (Kemenag), Imam Safei, menyebut sekolah dari jenjang SD hingga SMA di seluruh Indonesia membutuhkan sebanyak 26.000 guru agama. Hampir di seluruh daerah yang masuk dalam kategori  tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) kekurangan guru agama.

“Memang saat ini Indonesia sangat kekurangan guru agama baik di sekolah negeri maupun swasta. Kita sudah mengusulkan penambahan itu secepatnya karena memang kebijakan bukan di tangan kita, tapi biasanya Pemkot, Pemkab yang bisa mengangkat guru negeri,” katanya di Surabaya, Rabu, (12/9).

Ia menjelaskan jumlah guru agama negeri lebih sedikit dari pada guru agama swasta. Berdasarkan catatan Kemenag guru agama swasta jumlahnya sekitar 189.000 dan sekitar 12.0000 untuk guru agama negeri. “Masalah penambahan pengangkatan guru masih dirapatkan di Jakarta. Nanti semoga bisa cepat ada hasilnya,” terangnya.

Saat ini, sambung Safei, pihaknya telah menerapkan sistem transfer guru agama ke daerah-daerah 3T. “Sementara ini kami mengirimkan guru agama non PNS ke daerah 3T sebanyak 45 orang, semoga mereka betah di sana membantu perkembangan pendidikan agama di daerah tersebut,” tandasnya. (luk/s/jn)

Tag: