D-ONENEWS.COM

Komisi A Minta Bagian Pemerintahan Koordinasi Dengan Lurah dan Camat Soal Sengketa Lahan

Foto: Ketua Komisi A, Pratiwi Ayu (tengah)

Surabaya,(DOC) – Persoalan sengketa tanah antara warga dengan pihak swasta (Perusahaan) mendapat perhatian dari kalangan legislatif, terutama Komisi A DPRD kota Surabaya yang membidangi hukum dan pemerintahan.

Ketua Komisi A DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Krisna menyarankan, agar bagian pemerintahan harus selalu berkoordinasi dengan pihak Lurah dan Camat, soal sengketa aset tanah milik pemerintah Kota (Pemkot) atau pribadi.

“Seringkali Komisi A mendapat aduan warga, yang harusnya tanah hak milik, tapi ternyata milik PT(perusahaan). Padahal PT sudah menjual ke PT lainnya lagi. Pemilik aslinya malah tidak tahu adanya jual beli aset tersebut,” kata Ayu.

Ia menjelaskan, pengeluaran sporadik itu harus betul-betul pemilik tanah dan didampingi oleh ahli warisnya. Begitu juga kalau misalnya harus buka kretek, apakah dia benar pemilik tanah tersebut dan pembuktiannya harus melalui peninjauan lagi.

“Dalam pencatatan status tanah, kami menyarankan pada bagian pemerintahan, agar memberikan sosialisasi kepada Camat dan Lurah supaya tidak ada kecolongan kasus seperti ini,” tegas politisi Golkar ini.

Pada Agustus lalu, lanjut Ayu, terdapat lima pengaduan sengketa lahan. Menyikapi aduan itu, komisi A sudah berupaya menyelesaikan dengan memediasi kedua belah pihak. Rata-rata surat hak milik tanah bukan namanya sendiri, sehingga saat warga hendak menjual, sudah tidak bisa, karena telah dipindah tangankan oleh PT.

“Padahal, mereka menyatakan tidak pernah ada jual beli, tapi PT tersebut menjual ke PT lain. Sehingga PT yang terakhir tidak bertanggung jawab dong, saya sudah beli ke PT ini. Setelah ditelusuri, PT pertama kali yang beli dari pemilik tanah, itu sudah valid. Kan sulit itu,” urainya.

Ketua Komisi A DPRD Surabaya ini meminta kepada kepala bagian pemerintahan, agar menyampaikan masalah kepemilikan lahan kepada Lurah dan Camat setempat, supaya tidak ada lagi kejadian seperti ini.(adv/r7)

Loading...

baca juga