D-ONENEWS.COM

Komisi D Minta Dinkes Gencar Sosialisasikan Antisipasi Virus Corona ke Masyarakat

Surabaya,(DOC) – Mengantisipasi penyebaran virus corona di Surabaya, Komisi D DPRD Kota menggelar rapat dengan pendapat (hearing) dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan instansi terkait, Rabu(29/1/2020).

Dalam kesempatan itu, Ketua Komisi D DPRD kota Surabaya, Khusnul Khotimah, menyatakan, antisipasi perlu dilakukan guna mencegah warga terserang virus mematikan asal Wuhan China tersebut.

Ia juga ingin mengetahui, cara pencegahan dan penanganan yang sudah dilakukan oleh Dinkes, jika ada warga negara asing dan warga Surabaya terinfeksi virus tersebut.

“Kita akan bahas bersama dengan Dinkes soal pencegahan virus corona ini, karena banyak mobilisasi warga asing di Surabaya. Apalagi Surabaya ini kan sudah banyak menjalin hubungan dengan negara-negara di Asia Tenggara yang beberapa diantaranya sudah ada penyebaran virus corona,” kata dia disela hearing.

Deteksi dini, lanjut Khusnul, perlu dilakukan terhadap warga Surabaya yang baru saja pulang dari luar negeri, terutama dari Wuhan China. Meskipun dirinya tidak berharap warga yang berada di Surabaya terjangkit virus mematikan tersebut.

“Ya kita tidak berharap warga Kota Surabaya maupun orang asing yang ada di Surabaya terjangkit virus corona, tapi antisipasi sejak dini sangat penting.” tegasnya.

Politisi PDIP ini juga meminta untuk lebih gencar lagi mensosialisasikan pencegahan virus corona lewat Puskesmas, dan para kader kesehatan. Sosialisasi pencegahan berupa cara menjaga lingkungan rumah bersih dan tanggap memeriksa ke dokter ketika menemukan gejala flu akut.

“Sosialisasikan tentang kiat-kita pencegahan virus corona, agar masyarakat paham mengantisipasinya,” pungkasnya.(robby)

Loading...

baca juga