D-ONENEWS.COM

KPU Surabaya Sudah Jalani Test Swab Berkala, Nur Syamsi: Tak Terkait Proses Pendaftaran

Foto: Nur Syamsi

Surabaya,(DOC) – Usai keluar hasil test swab salah satu Bakal Calon Wali Kota, (Baccawali) Machfud Arifin (MA) yang terkonfirmasi Covid-19, lima orang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya beserta pegawai dan stafnya menjalani swab test.

“Semua akan diswab secara berkala. Namun swab test dilakukan sebelum tahapan pendaftaran dilaksanakan,” ungkap Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi, Jumat(11/9/2020).

Nur Syamsi menjelaskan, test swab terhadap komisioner dan para pegawai KPU Surabaya telah dilaksanakan jauh-jauh hari, sebelum salah satu Bacawali  positif COVID-19.

Sehingga test swab ini bukan program mendadak melainkan bagian dari tindak lanjut kegiatan rapid test yang dilakukan secara berkala. Perencanaan swab, lanjut Syamsi, sudah memutuskan dalam rapat tiga pekan lalu.

“Kebetulan saja kegiatan ini baru bisa dilakukan sekarang. Jadi  tidak ada hubunganya dengan paslon yang positif beredar di media,” ujarnya.

Nur Syamsi mengatakan hasil rapid test dianggap sebagian besar orang kurang autentik sehingga KPU Surabaya memutuskan selain rapid test juga dilakukan swab test.

Ia mengatakan ada sekitar 42 orang yang bertugas di KPU Surabaya menjalani swab test secara berkala.

“Yang sudah ikut swab hari ini ada dua orang. Saya tidak tau perkembangan persisnya,” katanya.

Seperti pada pemberitaan sebelumnya, Bacawali Surabaya Machfud Arifin telah mengakui bahwa dirinya terkonfirmasi Covid-19 pada 29 September 2020. Machfud langsung melakukan isolasi mandiri dan mengkonsumsi obat selama seminggu.

“Pada 5 September, saya swab lagi dan dinyatakan negatif,” katanya.

Mengetahui dirinya negatif pada 5 September, pada 6 September, Machfud memaksakan diri berangkat ke KPU kota Surabaya guna mendaftar sebagai bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya.

Hanya saja, saat menjalani swab test yang digelar KPU Surabaya di Graha Amerta RSUD dr.Soetomo pada Senin (7/9/2020), Machfud kembali dinyatakan positif COVID-19.(robby).

Loading...

baca juga